Technology Acceptance Model pada Sistem Pembelajaran E-Learning

  • Ari Nurul Alfian Manajemen Informatika; Universitas Bina Insani;
  • Djajasukma Tjahjadi Sistem Informasi; STMIK LIKMI;

Abstract

Pembelajaran dan penelitian merupakan dua diantara Tridharma Perguruan Tinggi. Kedua kegiatan ini merupakan tugas utama dari para pengajar yang sekaligus berperan serta sebagai peneliti di setiap Perguruan Tinggi. Metode pembelajaran juga ikut berkembang seiring dengan perkembangan dunia TIK, berbagai aplikasi pembelajaran berbasis web mulai banyak bermunculan dan digunakan oleh berbagai institusi pendidikan. Penerapan dan penggunaan e-learning di STMIK Bina Insani ditargetkan supaya seluruh dosen dan siswa dapat memanfaatkan dan terampil dalam menggunakan e-learning.
Objek dari penelitian ini adalah aplikasi e-learning yaitu Edmodo yang merupakan aplikasi e-learning berbasis web. Permasalahan yang sering terjadi pada saat ini, organisasi hanya berfokus pada implementasinya saja. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengukuran penerimaan sistem informasi pembelajaran berbasis e-learning dengan menggunakan studi kasus STMIK Bina Insani Bekasi.
Pengukuran ini menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) dan mengadopsi beberapa variabel dari kesuksesan sistem informasi Delone & McLean dan Model Penerimaan Teknologi Maksum, dkk., uji statistik dilakukan dengan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan Software Lisrel 8.8.
Model penelitian yang dapat diterima pada penelitian ini adalah model penelitian ketiga. Variabel yang mempengaruhi penerimaan e-learning di STMIK Bina Insani adalah variabel system quality, faktor sosial, perceived usefulness, perceived easy of use, attitude toward using, behaviour intention to use dan actual system usage. Sedangkan variabel yang tidak mempengaruhi penerimaan e-learning di STMIK Bina Insani adalah variabel information quality dan service quality.
 Kata Kunci: Delone & McLean, E-Learning, SEM, TAM.

References

Davis FD. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly.

Delone WH. Ephraim RM. 2003. The Delone and McLean Model of Information Sistem Success. A Ten-Year Update. Jurnal of Management Information Sistem/Spring 2003, Vol.19, No.4.

Ghozali I, Latan H. 2015. Partial Least Squares : Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0, -2/E. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Maksum U, Baridwan Z, Subekti I. 2017. The Determinant of Acceptance of SIMDA (Information System of District Management) Implementation on the Government of Batu City. Journal of Accounting and Business Education. 1(2), Maret 2017, pp: 298-320.

Mustakini JH. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis.Edisi Keempat. BPFE. Yogyakarta.

Wijanto SH. 2008. Structural Equation Modeling dengan LISREL 8.8. Edisi. Yogyakarta: Pertama.Graha Ilmu.
Published
2019-12-23
How to Cite
ALFIAN, Ari Nurul; TJAHJADI, Djajasukma. Technology Acceptance Model pada Sistem Pembelajaran E-Learning. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 63-72, dec. 2019. ISSN 2548-3331. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/1220>. Date accessed: 25 apr. 2024.