Weight Aggregated Sum Product Assesment dalam Penentuan Siswa Terbaik

  • Hidayanti Murtina STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Abstract

Abstrak: Proses penentuan siswa terbaik yang dilakukan di SMK Global Prima Islamic School masih dilakukan secara  manual dengan cara penilaian dan dengar pendapat, sehingga prosesnya sering kali berjalan sangat lama dan juga a lot hal ini tentunya sangat tidak efisien dalam hal waktu. Belum lagi hasil yang didapatkan terkadang tidak sesuai dengan keadaan dilapangan dikarenakan tingginya tingkat subjektifitas dalam menentukan pilihan yang juga dapat menjadi sangat tidak efektif. Untuk itu peneliti memutuskan untuk mengkajinya dengan mengunakan metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS). Dimana kebijakan sekolah akan menjadi tolak ukur dalam penentuan siswa teladan dan lima kriteria yaitu nilai raport, prestasi dan bakat, TOEFL, test tertulis dan test wawancara yang telah ditentukan sekolah akan menjadi data yang akan diolah dengan metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS). Dari hasil penelitian penulis didapatkan bahwa Alam Herlambang merupakan siswa yang paling direkomendasikan dengan nilai 3,338, tempat kedua adalah Syafirra Fania dengan nilai 3,334 dan posisi ketiga adalah Rico Rianto dengan nilai 3,303.
 
Kata kunci: DSS, siswa terbaik, WASPAS
 
Abstract: The process of determining the best students carried out at the Global Prima Islamic School Vocational School is still done manually by way of assessment and hearings, so the process often runs very long and also a lot this is certainly very inefficient in terms of time. Not to mention the results obtained are sometimes not in accordance with the conditions in the field due to the high level of subjectivity in making choices that can also be very ineffective. For this reason researchers decided to study it using the Weight Aggregated Sum Product Assessment (WASPAS) method. Where school policy will be the benchmark in determining the model students and five criteria, namely report card grades, achievement and talent, TOEFL, written test and interview test that have been determined by the school will be data that will be processed by the weight aggregated sum product assessment (waspas) method. from the research results the author found that alam herlambang is the most recommended student with a value of 3,338, second place is syafirra fania with a value of 3,334 and the third position is rico rianto with a value of 3,303.
 
Keywords: DSS, the best student, WASPAS

References

[1] M. A. Burga, A. Arsyad, M. Damopolii, and A. Marjuni, “Akomodasi Kebijakan Pendidikan Nasional Bagi Pondok Pesantren DDI Mangkoso Muhammad,” J. Kaji. Pendidik. Islam, vol. 4, no. 1, pp. 41–62, 2019.

[2] A. Y. N. Harahap, “Penerapan Metode Weighted Produk Pemilihan Siswa Terbaik Di Smk Laksamana Martadinata Medan,” J. Sist. Inf. Kaputama, vol. 3, no. 1, pp. 6–10, 2019.

[3] M. A. N. Hasyim, I. Y. Cahyani, U. Ramadini, and S. Rosdiana, “Kepuasan Dan Kualitas Penggunaan Siakademik Untuk Memberikan Manfaat Dalam Pembelajaran,” Syntax Idea, vol. 1, no. 8, pp. 101–107, 2019.

[4] H. Murtina, “Sistem Informasi Pengelolahan Data Persediaan Obat Menggunakan Metode Waterfall,” Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2018.

[5] C. Lukita, C. Nas, and W. Ilham, “Analisis Pengambilan Keputusan Penentuan Prioritas Utama Dalam Peningkatan Kualitas Mata Pelajaran Dengan Menggunakan Metode Perbandingan WASPAS dan MOORA Chandra,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 05, no. 03, 2020.

[6] S. Riyadi, T. Haryanti, and L. Kurniawati, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Rumah Tangga Miskin Pada Desa Cibangkong Dengan Metode Waspas,” J. Ris. Inform., vol. 1, no. 4, pp. 197–204, 2019.

[7] K. A. Chandra and S. Hansun, “Sistem Rekomendasi Pemilihan Laptop dengan Metode WASPAS,” J. ECOTIPE, vol. 6, no. 2, pp. 76–81, 2019.

[8] E. . Zavadskas, Z. Turskis, and J. Antuchevicience, “ation of Weighte ed Aggre egated Sum Pro duct Ass sessment t,” Electron. Electr. Eng., no. 6, pp. 3–6, 2012.

[9] F. N. Khasanah and S. Rofiah, “Sistem Seleksi Penerimaan Beasiswa Menggunakan Metode Pendukung Keputusan Simple Additive Weighting,” pp. 118–125, 2019.

[10] M. Mailasari and H. Murtina, “Metode Simple Additive Weighting dalam Penentuan Penerima Beasiswa pada SMK Binakarya Mandiri Bekasi,” J. Sist. Inf., vol. 6, no. 2, p. 75, 2017
Published
2020-06-23
How to Cite
MURTINA, Hidayanti. Weight Aggregated Sum Product Assesment dalam Penentuan Siswa Terbaik. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 113-122, june 2020. ISSN 2548-3331. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/1285>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.51211/imbi.v4i2.1285.