Model Latent Dirichlet Allocation Pada Perilaku Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Daring

  • Aqila Intan Prakerti Sistem Informasi; Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Avelyna Ferariya Claresta Sistem Informasi; Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Muhammad Rasyid Kafif Ibrahim Sistem Informasi; Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Nur Aini Rakhmawati Sistem Informasi; Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Abstract

Abstrak: Indonesia saat ini sedang dihebohkan dengan yang namanya sekolah Daring. Dimana yang seharusnya sekolah adalah tempat untuk guru dan siswa mengajarkan ilmu dari pendidikan hingga perilaku secara tatap muka dan sekarang karena keadaan yang tidak bisa dihindari maka harus dilakukannya pembelajaran secara online yaitu dengan alat perantara. Permasalahan diambil dari banyaknya siswa sudah mempunyai alat komunikasi yaitu handphone dan berbagai media sosial yang sudah dikuasai seperti Instagram. Dengan maksud untuk menganalisa siswa khususnya di Indonesia, sikap apa yang diambil ketika siswa menggunakan Instagram ketika sedang berlangsungnya pembelajaran secara daring. Didapatkan hasil ketika melakukan Teknik crawling data untuk mendapatkan teks atau caption dari penggunaan hashtag sekolah daring yaitu 120 post dalam keadaan sudah terseleksi dari yang bukan post dari siswa. Bentuk analisa untuk pengolahan data yang sudah didapat menggunakan model Latent Dirichlet Allocation (LDA) yaitu untuk menemukan topik yang mendominasi dari hashtag yang digunakan dengan penambahan fitur Stopword untuk kata yang tidak diperlukan. Hasil akhir dari analisa tersebut terdapat 4 topik yang dominan dan dimayoritasi oleh siswa yang mendapatkan penugasan dari sekolah seperti pelajaran biologi.
 
Kata kunci: Instagram, Latent Dirichlet Allocation (LDA), Pembelajaran Daring,
 
Abstract: Indonesia is currently being shocked by the named school Online. Where the school should be a place for teachers and students to teach knowledge from education to face-to-face behavior and now because of circumstances that cannot be avoided,learning must be carried out online, namely with an intermediary tool. The problem is taken from the number of students who already have communication tools, namely mobile phones and various social media that have been mastered such as Instagram. With a view to analyzing students, especially in Indonesia, what attitudes are taken when students use Instagram when learning is taking place online. Obtained results when performing techniques crawling data to get text or captions from the use hashtags, of online school namely 120 posts in a selected state from non- posts student. The form of analysis for processing the data that has been obtained uses the model, Latent Dirichlet Allocation (LDA) which is to find the dominant topic of the hashtags used by adding the feature Stopword for unnecessary words. The final result of the analysis, there are 4 topics that are dominant and are majored by students who get assignments from schools such as biology lessons.
 
Keywords: E-Learning, Instagram, Latent Dirichlet Allocation (LDA).

Author Biographies

Aqila Intan Prakerti, Sistem Informasi; Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Sistem Informasi; Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Avelyna Ferariya Claresta, Sistem Informasi; Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Sistem Informasi; Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Muhammad Rasyid Kafif Ibrahim, Sistem Informasi; Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Sistem Informasi; Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Nur Aini Rakhmawati, Sistem Informasi; Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Sistem Informasi; Institut Teknologi Sepuluh Nopember

References

[1] W. A. F. Dewi, “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., Vol. 2, No. 1, Pp. 55–61, Apr. 2020, Doi: 10.31004/Edukatif.V2i1.89.
[2] A. S. Syarifudin, “Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing,” J. Pendidik. Bhs. Dan Sastra Indones. Met., Vol. 5, No. 1, Pp. 31–34, Apr. 2020, Doi: 10.21107/Metalingua.V5i1.7072.
[3] B. Edwandar, “Jom Fisip Vol. 4no. 1 – Februari 2017 Page 1,” Vol. 4, No. 1, Pp. 1–15, 2017.
[4] E. Rohendi, “Pendidikan Karakter Di Sekolah,” Eduhumaniora | J. Pendidik. Dasar Kampus Cibiru, 2016, Doi: 10.17509/Eh.V3i1.2795.
[5] M. Dimyati A, D. Suwardiyanto, H. Yuliandoko, And V. Arief W, “Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Daring (On Line) Bagi Guru Dan Siswa Di Smk Nu Rogojampi,” J-Dinamika, Vol. 2, No. 2, Feb. 2018, Doi: 10.25047/J-Dinamika.V2i2.565.
[6] A. Roni Hamdani And A. Priatna, “Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang,” Didakt. J. Ilm. Pgsd Stkip Subang, Vol. 6, No. 1, Pp. 1–9, 2020, Doi: 10.36989/Didaktik.V6i1.120.
[7] I. N. Husada, E. H. Fernando, H. Sagala, A. E. Budiman, And H. Toba, “Ekstraksi Dan Analisis Produk Di Marketplace Secara Otomatis Dengan Memanfaatkan Teknologi Web Crawling,” J. Tek. Inform. Dan Sist. Inf., 2020, Doi: 10.28932/Jutisi.V5i3.1977.
[8] A. Santoso, I. Baihaqi, And S. F. Persada, “Pengaruh Konten Post Instagram Terhadap Online Engagement: Studi Kasus Pada Lima Merek Pakaian Wanita,” J. Sains Dan Seni Its, Vol. 6, No. 1, Pp. 50–54, 2017.
[9] L. Amaliya, K. Setiaji, S. Pd, M. Pd, And S. Artikel, “Economic Education Analysis Journal Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram,Teman Sebaya Dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Semarang) Info Artikel Abstrak,” Vol. 6, No. 3, Pp. 835–842, 2017, [Online]. Available: Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Eeaj.
[10] H. Sari And L. Anggraeni, “Peran Tipe Gambar, Tagar, Jumlah Likes Dan Informasi Harga Pada Instagram Terhadap Intensi Membeli,” J@Ti Undip J. Tek. Ind., 2019, Doi: 10.14710/Jati.14.2.71-80.
[11] S. Cahyani, R. Wiryasaputra, And R. Gustriansyah, “Identifikasi Huruf Kapital Tulisan Tangan Menggunakan Latent Dirichlet Allocation Dan Euclidean Distance,” J. Sist. Inf. Bisnis, Vol. 8, No. 1, P. 57, 2018, Doi: 10.21456/Vol8iss1pp57-67.
[12] F. Fandiansyah, J. Y. Sari, And I. P. Ningrum, “Pengenalan Wajah Menggunakan Metode Latent Dirichlet Allocation Dan K Nearest Neighbor,” J. Ultim., Vol. 9, No. 1, Pp. 1–9, 2017, Doi: 10.31937/Ti.V9i1.557.
Published
2020-12-29
How to Cite
PRAKERTI, Aqila Intan et al. Model Latent Dirichlet Allocation Pada Perilaku Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Daring. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 35-44, dec. 2020. ISSN 2548-3331. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/1407>. Date accessed: 06 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.51211/imbi.v5i1.1407.