Game Edukasi Pengenalan Nama Buah Dalam Bahasa Inggris Menggunakan RPG Maker MV

  • Denny Firmansyah Teknik Informatika; STMIK Nusa Mandiri Jakarta
  • Martini Martini Sistem Informatika; Universitas Bina sarana Informatika
  • Hidayanti Murtina Teknik Informatika; STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Abstract

Abstrak: Seiring dengan perkembangan teknologi di era ini, game juga mengalami perkembangan yang pesat. Tetapi pada umumnya game di Indonesia dinilai negatif oleh kebanyakan masyarakat. Permasalahanya adalah banyak game yang beredar game-game yang merusak dan tidak ada konten edukasinya, banyak anak-anak yang ketagihan, kecanduan game tersebut sehingga berjam-jam didepan komputer. Padahal jika diarahkan dengan benar dan baik, game bisa dijadikan sarana belajar yang menyenangkan, asik, dan diyakini lebih efektif dari belajar yang hanya membaca saja. Maka dari itu berdasarkan hal tersebut maka dibuatlah game edukasi pengenalan nama buah dalam bahasa Inggris menggunakan RPG Maker MV, adapun metode penelitian yang digunakan dalam pembuatan game edukasi ini yaitu dengan cara Observasi dan studi pustaka. Metode pengembangan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Aplikasi ini berbasis Windows (PC/Laptop).
 
Kata Kunci : Buah, Game Edukasi, RPG Maker MV
 
Abstract:  Along with the development of technology in this era, the game also experienced rapid development. But in general the game in Indonesia is considered negative by most people. The problem is that many games are circulating, destructive games and no educational content, many children are addicted, addicted to the game so many hours in front of the computer. Yet if directed correctly and well, games can be used as a fun, cool learning tool, and are believed to be more effective than learning that only reads it. Therefore based on this, make educational game intoduce the name of fruits in English was made using RPG Maker MV, as for the research methods used in making this educational game that is by observation and literature study. The development method uses the Multimedia Development Life Cycle (MDLC), this application is based on Windows (PC / Laptop).
 
Keywords: Fruits, Game Educational, RPG Maker MV

Author Biographies

Denny Firmansyah, Teknik Informatika; STMIK Nusa Mandiri Jakarta
Teknik Informatika; STMIK Nusa Mandiri Jakarta
Martini Martini, Sistem Informatika; Universitas Bina sarana Informatika
Sistem Informatika; Universitas Bina sarana Informatika
Hidayanti Murtina, Teknik Informatika; STMIK Nusa Mandiri Jakarta
Teknik Informatika; STMIK Nusa Mandiri Jakarta

References

[1] M. S. Khairy, D. Herumurti, and I. Kuswardayan, “Analisis Pengaruh Penggunaan Game Edukasi pada Penguasaan Kosakata Bahasa Asing dengan Studi Kasus Game Edukasi Bahasa Arab,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 2, no. 2, p. 42, Dec. 2016, doi: 10.23917/khif.v2i2.2137.
[2] M. Ridwan and P. Prasetyawan, “RANCANG BANGUN APLIKASI PERMAINAN ADVENTURE OF FRUNIMAL UNTUK EDUKASI BAHASA INGGRIS BERBASIS ANDROID,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, p. 763, Nov. 2017, doi: 10.24176/simet.v8i2.1599.
[3] D. Nurdiana, D. Rahadian, and A. Suryadi, “GAME EDUKASI PENGENALAN NAMA BUAH DAN SAYURAN DALAM BAHASA INGGRIS UNTUK SEKOLAH DASAR,” Teknol. PEMBELAJARAN, vol. 2, no. 1, 2017, doi: 10.31980/TP.V2I1.110.
[4] Ariesto Hadi Sutopo, Teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.
[5] Darrin Perez, Beginning RPG Maker MV, 2nd Edition. San Lorenzo, Puerto Rico: Darrin Perez, 2016.
[6] Darrin Perez, Beginning RPG Maker VX Ace. San Lorenzo, Puerto Rico: Darrin Perez, 2014.
[7] R. Sistem, H. Prasetiyo, I. Widaningrum, and I. P. Astuti, “Game Edukasi Math & Trash Berbasis Android dengan Menggunakan,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 1, no. 10, pp. 5–11, 2020
[8] S. L. Rahayu and F. Fujiati, “Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 3, p. 341, Aug. 2018, doi: 10.25126/jtiik.201853694.
[9] Takrim, M., & Mikkael, R. H. (2020). Pengaruh Kompetensi Dosen, Motivasi, dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Bahasa Inggris. Econ. Digit. Bus. Rev, 1(2), 100-111.
[10] A. Latubessy and M. N. Ahsin,“Hubungan Antara Adiksi Game Terhadap Keaktifan Pembelajaran Anak Usia 9-11 Tahun,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro Dan Ilmu Komput., Vol. 7, No. 2, P. 687, Nov. 2016, Doi: 10.24176/Simet.V7i2.782.
[11] Napitupulu, R. H. M. (2020). The Relationship Between Education, Training, and Civil Servant Lecturers Competency. Journal of Business and Management Review, 1(2), 121-132.
[12] M. A. Pranata,“Game Balinese Fruit Shooter Berbasis Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak,” Edutech, Vol. 16, No. 3, P. 305, Feb. 2018, Doi: 10.17509/E.V16i3.8544.

Published
2020-12-28
How to Cite
FIRMANSYAH, Denny; MARTINI, Martini; MURTINA, Hidayanti. Game Edukasi Pengenalan Nama Buah Dalam Bahasa Inggris Menggunakan RPG Maker MV. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 25-34, dec. 2020. ISSN 2548-3331. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/1416>. Date accessed: 06 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.51211/imbi.v5i1.1416.