Microsoft Excel Pada Metode Analytical Hierarchy Process Untuk Memilih Jasa Pengiriman

  • Verra Sofica

Abstract

Abstrak: Pada penelitian ini dilakukan untuk menentukan kriteria-kriteria serta bobot jasa pengiriman barang di Indonesia bagi online shop. Alternatif jasa pengiriman yang dapat dipertimbangan oleh online shop yaitu, Pos Indonesia, JNE, dan TIKI. Kriteria dan bobot diperoleh menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima kriteria beserta bobotnya yang dipertimbangkan oleh online shop dalam menentukan jasa pengiriman barang, yaitu jangkauan area memiliki bobot tertinggi sebesar (0.34), jaminan keamanan dengan bobot (0.31), estimasi waktu dengan bobot (0.15), akses tracking dengan bobot (0.12), dan yang paling terendah customer service dengan bobot (0.06). Berdasarkan penilaian atas kriteria-kriteria tersebut diperoleh alternatif tertinggi yaitu JNE dengan bobot (0.45), alternatif kedua Pos Indonesia dengan bobot (0.37) yang terakhir TIKI sebesar (0.16) .

Kata kunci: Analytical Hierarchy Process, jasa pengiriman

Abstract: In this study conducted to determine the criteria and weighting delivery services in Indonesia for the online shop. Alternative delivery services that can be considered by an online shop that is, Pos Indonesia, JNE, and TIKI. Criteria and weights obtained by using Analytical Hierarchy Process (AHP). The results showed that there are five criteria and their weight is considered by the online shop in determining the delivery services that reach the area has the highest weight of (0.34), security assurances by weight (0.31), estimated time with weights (0.5), access tracking by weight (0.2), and the lower most customer service with weights (0.06). Based on an assessment of these criteria obtained the highest alternative JNE by weight (0.45) , the second alternative Pos Indonesia with weights (0.377) the last TIKI of (0.16) .

Keywords: Analytical Hierarchy Process, delivery service

References

Referensi

Herlawati. 2013. Penerapan Microsoft Excel pada Metode Kuantitatif Bisnis dengan Analytical Hierarchy Process (Proses Analitis Hierarkis). Jurnal Piksel Vol 1 No. 1 Januari 2013 ISSN. 2303-3304. Diambil dari http://www.ejournal-unisma.net/ojs/index.php/piksel/article/view/773/686. Diakses 28 Januari 2016.

Lukman E. 2013. Laporan: inilah yang dilakukan 74,6 juta pengguna internet Indonesia ketika online. Diambil dari https://id.techinasia.com/tingkah-laku-pengguna-internet-indonesia/. Diakses 28 Januari 2016.

Pranoto YA, Muslim MA, Hasanah RN. 2013. Rancang Bangun dan Analisis Decision Support System Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process untuk Penilaian Kinerja Karyawan. Malang: Jurnal EECCIS Vol. 7, No. 1, Juni 2013: 91-96.

Ritonga J. 2004. Riset Kehumasan. Jakarta: PT. Grasindo.

Saaty TL. 1980. The Analytic Hierarchy Process. McGraw-Hill, New York. 1980.

Saaty TL. 2008. Decision making with the analytic hierarchy process. Pittsburg: Inderscience Enterprises Ltd.

Tjiptono F. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta : Andi.

Wastawan K. 2015. Pengertian Dan Istilah Dalam Online Shop. Diakses dari http://www.bisnisusaharumahan.com/2015/02/pengertian-dan-istilah-dalam-online-shop.html diakses 24 Januari 2016.
Published
2016-12-01
How to Cite
SOFICA, Verra. Microsoft Excel Pada Metode Analytical Hierarchy Process Untuk Memilih Jasa Pengiriman. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 54-66, dec. 2016. ISSN 2548-3331. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/157>. Date accessed: 28 mar. 2024.