Sistem Penjualan Bahan Kimia Terintegrasi Basis Data Menggunakan Model Waterfall Pada CV. XYZ

  • Widya Apriliah Universitas Bina Sarana Informatika
  • Fellicitia Zahrotul Haifa Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ilham Kurniawan Universitas Bina Sarana Informatika
  • Muhamad Baydhowi Universitas Bina Insani

Abstract

Peranan teknologi dan informasi saat ini memegang peranan yang sangat penting, salah satunya dalam dunia bisnis, pemanfaatan teknologi dalam dunia bisnis menjadi salah satu pilar penting untuk mendukung kesuksesan berjalannya kegiatan operasional bisnis demi tercapainya tujuan bisnis yang diinginkan oleh pelaku usaha bisnis tersebut. Kegiatan operasional bisnis dalam sebuah perusahaan salah satunya adalah kegiatan penjualan. Agar mengefektifkan  kegiatan operasional dan menghasilkan laporan penjualan dalam sebuah bisnis diperlukan sebuah sistem yang terkomputerisasi untuk mengefektifkan kegiatan penjualan. CV. XYZ dalam kegiatan proses pengolahan data pada kegiatan operasional bisnis penjualannya masih  menggunakan sistem yang masih belum menerapkan sistem pengolahan data yang terkomputerisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengefektifkan kegiatan operasional penjualan khususnya pada proses pengolahan data penjualannya dengan merancang dan membuat sistem penjualan bahan kimia pada CV. XYZ yang terkomputerisasi dan terintegrasi dengan basis data. Waterfall model digunakan sebagai metode penelitian untuk pendekatan pengembangan sistem pengolahan data penjualan pada penelitian ini, sehingga dengan adanya sistem pengolahan data penjualan yang sudah terkomputerisasi dan terintegrasi dengan basis data menjadi lebih efektif dan esfisien proses pengolahan data penjualannya. Pada sistem penjualan bahan kimia yang telah terkomputerisasi dan terintegrasi dengan basis data sangat membantu bagian penjualan dalam proses pengolahan data penjualan menjadi lebih efektif dan efisien juga dalam proses pelaporan keuangan menjadi tepat waktu dan akurat.

Author Biographies

Widya Apriliah, Universitas Bina Sarana Informatika
Sistem Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika
Fellicitia Zahrotul Haifa, Universitas Bina Sarana Informatika
Sistem Informasi Akuntansi, Universitas Bina Sarana Informatika
Ilham Kurniawan, Universitas Bina Sarana Informatika
Sistem Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika
Muhamad Baydhowi, Universitas Bina Insani
Sistem Informasi, Universitas Bina Insani

References

[1] I. Kurniawan, W. Apriliah, D. F. Saefudin, Y. Komalasari, M. F. Akbar, dan Royadi, “Waterfall Methods for Application of Accounting Information Systems in Hotel Income Management Case Study: Citra Grand Hotel Karawang,” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 4, no. 1, hal. 56–64, 2021.
[2] S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi KaHandayani, S. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(2), 182–189. https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i2.310,” Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 2, hal. 182–189, 2018.
[3] I. Sholikhah, M. Sairan, dan N. O. Syamsiah, “Aplikasi Pembelian Dan Penjualan Barang Dagang Pada Cv Gemilang Muliatama Cikarang,” J. Tek. Komput. Amik BSI, vol. Volume (II, no. no1, hal. 16–23, 2017.
[4] R. B. Bambang Sumantri dan F. Mahardika, “Perancangan Basis Data Sistem Informasi Penjualan Barang (Studi Kasus: Minimarket ‘ABC’ Sidareja),” J. Teknol. dan Bisnis, vol. 2, no. 1, hal. 61–68, 2020.
[5] B. Muhamad dan A. Widya, “Sistem Informasi Project Management BSD Division Pada PT. Wahana Ciptasinatria Jakarta-Bekasi,” Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 4, no. 2, hal. 163–172, 2020.
[6] H. Irawan, “Perancangan Sistem Informasi Administrasi Kesiswaan pada SMP Negeri 4 Muntok dengan Berorientasi Objek,” J. Sifom, 2014.
[7] Napitupulu, R. H. M., Handayani, C., & Haryati, H. (2021). Metode Simple Additive Weighting (SAW) Untuk Menentukan Karyawan Outsourching Terbaik Di PT Bank BNI Cabang Cirebon. BINA INSANI ICT JOURNAL, 8(2), 166-175.
[8] M. Rais, “Penerapan Konsep Object Oriented Programming Untuk Aplikasi Pembuat Surat,” PROtek J. Ilm. Tek. Elektro, vol. 6, no. 2, hal. 96–101, 2019.
[9] W. Apriliah, R. Ningsih, N. Ariyanti, dan T. Haryati, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada PT. Rhadogel Gums Internasional Bekasi,” J. INKOFAR, vol. Volume (1), no. 2, hal. 29–39, 2018.
[10] A. Triayudi dan A. S. Rodhi, “Waterfall Modelling Pada Sistem E-Restorant,” ProTekInfo(Pengembangan Ris. dan Obs. Tek. Inform., vol. 5, no. September, hal. 17–22, 2018.
[11] O. Irnawati, “Implementasi Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Stock Opname,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 4, no. 1, hal. 79–84, 2018.
[12] M. S. Pinontoan, A. Rachmat, dan R. Delima, “Penerapan Metode Waterfall Dan Webqual 4.0 Pada Pengembangan Website Dealer Asa Mandiri Motor,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 5, no. 2, hal. 201–211, 2019.
Published
2021-12-30
How to Cite
APRILIAH, Widya et al. Sistem Penjualan Bahan Kimia Terintegrasi Basis Data Menggunakan Model Waterfall Pada CV. XYZ. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 1-10, dec. 2021. ISSN 2548-3331. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/1632>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.51211/imbi.v6i1.1632.