Sistem Informasi Pengukuran Efektivitas Mesin Kemas Dengan Metode Overall Effectiveness (OEE) Pada PT Finusolprima Farma Internasional

  • Andre Farezy Universitas Bina Insani
  • Muhamad Baydhowi Universitas Bina Insani

Abstract

Abstrak: Pengemasan sekunder merupakan salah satu cara yang digunakan untuk melindungi obat dari lingkungan sekitarnya sehingga kualitas dari obat dapat tetap terjaga hingga nanti sampai ke konsumen. Produktivitas suatu proses pengemasan sekunder dapat ditingkatkan/dipertahankan dengan melakukan evaluasi rutin terhadap prosesnya. Evaluasi yang dilakukan adalah dengan analisis OEE (Overall Equipment Effectiveness). OEE merupakan suatu metode perhitungan yang digunakan untuk mengetahui efektivitas suatu proses yang sedang dilaksanakan dengan mengidentifikasi persentase waktu produksi yang benar-benar produktif yang dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu availability, performance, dan quality. Penelitian dilakukan dengan mengamati proses pengisian OEE yang masih menggunakan form tertulis dimana hal ini banyak memakan waktu dari segi pengisian hingga transaksi penyerahan berkas dan pengisian Kembali yang dilakukan oleh admin untuk dapat menyimpulkan keseluruhan data. oleh sebab itu diperlukan teknologi informasi untuk membantu memperingkas aktivitas tersebut sehingga tidak diperlukannya lagi adanya pengisian secara manual pada sebuah form yang dilakukan operator dan transaksi penyerahan berkas terhadap admin dan pengisian data ulang yang dilakukan oleh admin dari form ke file.
 Kata kunci: Efektivitas, Pengukuruan, Sistem Informasi, Mesin Kemas,  Metode Overall Effectiveness

Author Biographies

Andre Farezy, Universitas Bina Insani
Sistem Informasi
Muhamad Baydhowi, Universitas Bina Insani
Sistem Informasi

References

[1] D. Suryana, Sistem Teknologi Informasi Jilid 3: Sistem Informasi Penggajian Karyawan. Bandung: CreateSpace Independent Publishing Platform, 2012.
[2] J. S. P. Tyoso, Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Deepublish, 2016.
[3] S. H. Syafizal, Analisis Data untuk Riset Manajemen dan Bisnis. Medan: USUpress, 2010.
[4] J. Abadi, Reniana, and P. Orllin Bertha, Buku Ajar Pengukuran Dan Instrumentasi. Yogyakarta: Deepublish, 2020.
[5] Qamar Nurul et al., Metode Penelitian Hukum (Legal Research Methods). Makassar: CV. Social Politic Genius (SIGn), 2017.
[6] Y. Firmansyah and U. Udi, “Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habib Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat,” J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 4, no. 1, 2017, doi: 10.26905/jtmi.v4i1.1605.
[7] Anhar, Panduan menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak. Jakarta: PT.TransMedia, 2010.
[8] J. Simarmata, Rekayasa Web. Yogyakarta: Andi, 2010.
[9] U. Rusmawan, Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman. Jakarta: Elex media komputindo, 2019.
[10] G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” J. Inform. Pengemb. IT, vol. 2, no. 1, pp. 6–12, 2017.
Published
2022-01-29
How to Cite
FAREZY, Andre; BAYDHOWI, Muhamad. Sistem Informasi Pengukuran Efektivitas Mesin Kemas Dengan Metode Overall Effectiveness (OEE) Pada PT Finusolprima Farma Internasional. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 51-60, jan. 2022. ISSN 2548-3331. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/1668>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.51211/imbi.v6i1.1668.