Perancangan Media Pembelajaran IPA Kelas VII Berbentuk Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 di SMPN 7 Bukittinggi

  • Elga Lia Putri Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Sarwo Derta Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Hari Antoni Musril Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Riri Okra Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang peneliti temukan di SMPN 7 Bukittinggi, sumber belajar yang digunakan siswa dalam pembelajaran masih terbatas dan hanya bergantung kepada guru dan buku LKS yang ada. Guru masih banyak memanfaatkan metode ceramah, sehingga siswa sering merasa bosan saat proses pembelajaran dan belum adanya sumber belajar yang berbentuk media pembelajaran game edukasi di sekolah tersebut. Berdasarkan permasalahan ditemukan tersebut, peneliti merancang media pembelajaran berbentuk game edukasi berupa aplikasi yang dengan mudah digunakan oleh siswa. Tujuan dari perancangan media pembelajaran ini adalah untuk menghasilkan game edukasi IPA kelas VII yang valid, praktis, efektif serta untuk mengetahui kelayakan game edukasi yang dirancang oleh peneliti. Metode penelitian yang dipakai adalah metode Research and Development (R&D). Sedangkan untuk model pengembangan media peneliti menggunakan model Hannafin dan Peck, yang terdiri dari 3 fase, yaitu (1)analisis kebutuhan, (2) design dan (3) Develop dan Implement, dimana ketiga fase terhubung dalam kegiatan evaluasi dan revisi.  Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa produk media yang dirancang dinyatakan valid, praktis dan efektif dan dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran, hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji produk yang peneliti lakukan, dari uji validitas mendapatkan nilai rata-rata 0,87 dengan kategori valid, lalu uji praktikalitas yang didapat dengan rata-rata nilai 0,95 dengan kategori sangat tinggi dan untuk uji efektivitas produk mendapatkan nilai rata-rata 0,82 dengan kategori efektivitas tinggi.

Author Biographies

Elga Lia Putri, Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Sarwo Derta, Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Hari Antoni Musril, Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Riri Okra, Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer

References

[1] APJII Indonesia, “Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia,” Apjii, p. 39, 2019, [Online].
[2] A. S. Rahmatullah and W. Diana, “Positif Negatif Game Online pada Anak-anak dan Tindakan Pencegahannya,” TRIDARMA, vol. 5, no. 1, pp. 164–179, 2022.
[3] S. A. Pramuditya and M. S. Noto, “Desain Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Logika Matematika,” JNPM(Jurnal Nas. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 2, pp. 165–179, 2019..
[4] R. Okra and Y. Novera, “Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan,” J. Educ. J. Educ. Stud., vol. 4, no. 2, pp. 121, 2019.
[5] W. N. Sari, Murtono, and E. A. Ismaya, “Perancangan Media Game Edukasi Untuk Mata Pelajaran Fisika,” J. Inov. Penelit., vol. 1, no. 11, pp. 2255–2262, 2021.
[6] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, 19th ed. Bandung: CV.Alvabeta, 2013.
[7] S. Derta and N. Afriani, “Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di SMK Negeri 2 Bukittinggi,” SAIKO (Saint, Inform. dan Ekon., vol. 2, pp. 79–86, 2019.
[8] M. Ikhbal and H. A. Musril, “Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android,” Inf. Manag. Educ. Prof. J. Inf. Manag., vol. 5, no. 1, p. 15, 2020.
[9] S. Afrianti and H. A. Musril, “Perancangan Media Pembelajaran TIK Menggunakan Aplikasi Autoplay Media Studio 8 di SMA Muhammadiyah Padang Panjang,” J. Inform. Upgris, vol. 6, no. 2, pp. 2–7, 2021.
[10] E. Pujiono, “Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Construct 2 pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Materi Hindu Budha untuk SMA Negeri 1 Semarang Kelas X,” JP3 (Jurnal Pendidik. dan Profesi Pendidik), vol. 3, no. 1, pp. 1–17, 2020.
Published
2023-07-26
How to Cite
PUTRI, Elga Lia et al. Perancangan Media Pembelajaran IPA Kelas VII Berbentuk Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 di SMPN 7 Bukittinggi. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 194-203, july 2023. ISSN 2548-3331. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/2218>. Date accessed: 06 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.51211/imbi.v7i2.2218.