Sistem Informasi Helpdesk Berbasis Web Menggunakan Metode Prototype pada PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Bekasi

  • Mardi Yudhi Putra
  • Dinda Ayu Candradewa Universitas Bina Insani
  • Sigit Setiawan Universitas Bina Insani

Abstract

Perkembangan teknologi informasi memberikan manfaat pada bidang logistik atau layanan ekspedisi. Seiring meningkat dan berkembangnya teknologi informasi dalam upaya meningkatkan kualitas layanan dibutuhkan suatu sistem pelaporan masalah perangkat IT. Berdasarkan hasil observasi yang diidentifikasi adapun permasalahan saat ini yakni pelaporan keluhan masih menggunakan telepon dan aplikasi whatsapp sehingga keluhan tidak terorganisir dengan baik. Belum adanya sistem penanganan keluhan, sehingga membuat keluhan dilayani secara acak. Belum tersedianya pelacakan status tiket sehingga bagian helpdesk kesulitan melakukan pencarian informasi atau data yang diperlukan saat melacak masalah yang dilaporkan. Oleh karena itu, perlu tersedianya Sistem Informasi Helpdesk yang merupakan wadah bagi agen (mitra) PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Bekasi untuk melaporkan semua permasalahan yang muncul pada perangkat IT. Selain itu sistem ini bermanfaat bagi Tim IT dalam memonitoring dan menangani keluhan agen. Sistem informasi helpdesk yang dirancang menggunakan metode pengembangan prototype, aplikasi ini dirancang memanfaatkan web application sebagai platform nya dengan MySQL sebagai database nya. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi sistem informasi helpdesk untuk mempermudah agen dalam melakukan pelaporan keluhan dan memudahkan helpdesk dalam menangani keluhan.

Author Biographies

Dinda Ayu Candradewa, Universitas Bina Insani
Sistem Informasi
Sigit Setiawan, Universitas Bina Insani
Sistem Informasi

References

[1] A. Josi, “Penerapan Metode Prototyping Dalam Membangun Website Desa (Studi Kasus Desa Sugihan Kecamatan Rambang),” Jti, vol. 9, no. 1, hal. 50–57, 2017.

[2] M. Hariyanto, M. Kholiq, A. Yani, dan Narti, “Inti nusa mandiri,” Inti Nusa Mandiri, vol. 14, no. 2, hal. 133–138, 2020.

[3] Rico, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi IT- Helpdesk (Studi Kasus : PT. Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry),” J. Ilm. Media SISFO, vol. 10, no. 2, hal. 642–651, 2016.

[4] M. Nurbaitullah, “Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Berbasis Web Dengan Framework Laravel Pada Pt . Aisin Indonesia Automotive,” hal. 1–9, 2019.

[5] P. Mauliana, W. Wiguna, dan A. Y. Permana, “Pengembangan E-Helpdesk Support System Berbasis Web di PT Akur Pratama,” J. Responsif Ris. Sains dan Inform., vol. 2, no. 1, hal. 19–29, 2020, doi: 10.51977/jti.v2i1.158.

[6] M. Fatchan dan A. Hidayat, “Sistem IT Helpdesk Pada PT. Mitra Agung Sejati,” SIGMA - J. Teknol. Pelita Bangsa, vol. 10, no. 3, hal. 146–149, 2020.

[7] H. Wahyudi dan R. Fajriah, “Perancangan Aplikasi Helpdesk Ticketing Dengan Penerapan Algoritma Forward Chaining (Stusi Kasus: PT Idemas Solusindo Sentosa),” J. Ilmu Tek. dan Komput., vol. 4, no. 1, hal. 88, 2020, doi: 10.22441/jitkom.2020.v4.i1.010.

[8] A. Yasinta Permana dan A. Voutama, “Pemodelan UML Pada Sistem Penjualan Sembako Di Toko Amshop,” Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 7, no. 1, hal. 41–50, 2022.

[9] Y. Yaumaidzinnaimah, S. Hadianti, R. Nurfalah, N. A. Mayangky, dan N. Merlina, “Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan Berbasis Desktop pada PT. Pandawa Ekadharma Ekspress,” Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 7, no. 1, hal. 11–20, 2022.

[10] E. Saputro, M. Y. Putra, dan A. Safei, “Sistem Informasi Penjualan Benang Berbasis Website Menggunakan Framework Laravel Pada PT. Sulindamills Cikarang Barat,” Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 6, no. 1, hal. 41–50, 2021.
Published
2023-05-26
How to Cite
PUTRA, Mardi Yudhi; CANDRADEWA, Dinda Ayu; SETIAWAN, Sigit. Sistem Informasi Helpdesk Berbasis Web Menggunakan Metode Prototype pada PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Bekasi. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 81-90, may 2023. ISSN 2548-3331. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/2284>. Date accessed: 06 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.51211/imbi.v7i1.2284.