Perancangan Aplikasi Tabungan Siswa Berbasis Website PAUD Permata Bunda

  • Adellya Rahayu Universitas Dian Nusantara
  • Uus Rusmawan Universitas Dian Nusantara

Abstract

Paud Permata Bunda merupakan salah satu sekolah yang belum menerapkan teknologi (by system) secara menyeluruh. Diantaranya yaitu tabungan siswa. Sistem pengelolaan data tabungan yang berjalan saat ini masih dikerjakan secara manual pencatatan dan penyimpanan data ditulis di dalam buku, dan perhitungannya masih dikerjakan dengan alat bantu kalkulator. Hasil analisis menunjukkan bahwa kekurangan sistem yang sudah berjalan menunjukan adanya kekurangan pada bagian perangkat lunak untuk membantu pengelolaan data tabungan. Sehingga diperlukan adanya system tersendiri bagi tabungan siswa yaitu sistem informasi tabungan siswa berbasis web. Penelitian ini menggunakan metode  kebutuhan sistem serta pemodelan sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language) untuk menggambarkan secara visualisasi, yang selanjutnya diimplementasikan dengan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) dengan basis data MySQL sebagai database yang digunakan. Maka dari itu penelitian ini dianggap perlu untuk merancang suatu sistem yang dapat mempermudah proses pendataan tabungan siswa Paud Permata Bunda dan penyimpanan data tabungan, sehingga informasi yang ingin didapat nanti akan berjalan dengan cepat dan akurat. Sistem Informasi Tabungan Siswa berbasis web ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan yang ada, mengingat manfaat dari sistem tabungan ini cukup penting untuk para siswa khususnya pada Paud Permata Bunda. 

Author Biographies

Adellya Rahayu, Universitas Dian Nusantara
Teknik Informatika
Uus Rusmawan, Universitas Dian Nusantara
Teknik Informatika

References

[1] A. Rinaladi, S. and N. Ramata, Rancang Bangun Sistem Aplikasi Tabungan Siswa Pada SMK Averus Berbasis Web, 2023.
[2] H. Septanto and A. K. Wadani, Pelatihan Pengelolaan dan Pengeditan Website Untuk Para Pengurus RW 009 Perumahan Poris Residence, Cipondoh, Kota Tangerang, 2023.
[3] M. S. Bathin and D. Ramayanti, SOBATHUNI :Aplikasi Rumah Sewa, 2019.
[4] A. A. Wahid, Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem, 2020.
[5] D. H. Sulistiani and E. F. G. S. Umpu, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Pengelolaan Tabungan Siswa Pada SD Ar-Raudah Bandarlampung, 2021.
[6] H. Khumaini, R. and S. Khamariah, Aplikasi Pengolahan Data Tabungan Siswa Pada Yayasan Pendidikan Al Ikhlas Dumai, 2020.
[7] F. Alfiyan and R. Indriyani, Pemanfaatan Aplikasi E-Tabungan Untuk Pencatatan Tabungan Di Koperasi Serba Usaha Sanjaya-Banyuwangi, 2021.
[8] A. N. Rizaluddin, C. Febriyanto and T. Widiartin, Rancang Bangun Sistem Buku Tabungan Berbasis Website Di Sdit Almanar Almongan, 2021.
[9] U. Rusmawan And I. Mulya, Analisa Dan Desain Sistem Informasi Pembayaran Spp Dan Biaya Sekolah (Studi Kasus Yayasan Mandalahayu Bekasi), 2023.
[10] R. P. Brilian And A. Rohman, Sistem Informasi Manajemen Tabungan Pada Bank Sampah Raflesia Menggunakan Metode Waterfall, 2020.
[11] L. E. Astrianty, Sistem Informasi Pembayaran Sekolah Berbasis Dekstop Pada Mahad Islamy Banguntapan, 2022.
[12] N. Silfiyanti, K. Anif and F. Nadziroh, Sistem Informasi Pencatatan Buku Tabungan Siswa Berbasis Web di Madrasah Ibtidaiyah Daroyissalam Desa Kertosono Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik, 2020.
Published
2023-08-23
How to Cite
RAHAYU, Adellya; RUSMAWAN, Uus. Perancangan Aplikasi Tabungan Siswa Berbasis Website PAUD Permata Bunda. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 21-30, aug. 2023. ISSN 2548-3331. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/2471>. Date accessed: 06 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.51211/imbi.v8i1.2471.