Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Pada SMA Negeri 1 Kefamenanu Menggunakan Metode Electre

  • Metriana Fallo Universitas Timor, Kefamenanu
  • Yoseph PK Kelen Universitas Timor, Kefamenanu
  • Darsono Nababan Universitas Timor, Kefamenanu
  • Hevi Herlina Ullu Universitas Timor, Kefamenanu

Abstract

Belajar adalah suatu pencapaian, suatu tingkat pencapaian belajar yang diberikan sebagai skor dan perubahan perilaku yang memuaskan setelah seseorang menyelesaikan pertemuan yang bersifat instruktif. Tingkat kemajuan siswa dalam suatu titik pembelajaran ditentukan oleh prestasi belajar mereka. Siswa berprestasi adalah siswa yang berhasil meraih hasil usaha baik dalam bidang keilmuan maupun bidang non kependidikan yang ditempuh di bangku sekolah, sehingga patut disyukuri. SMA Negeri 1 Kefamenanu merupakan sekolah yang memiliki segudang prestasi mulai dari tingkat lokal hingga masyarakat.. Pemilihan siswa berprestasi di SMA Negeri 1 Kefamenanu masih menggunakan cara manual. Hal ini dapat mengakibatkan keterlambatan kinerja pada sekolah. Berdasarkan masalah tersebuat maka diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Elimination Et Choix Traduisant La Realite (ELECTRE) yang dapat membantu pihak sekolah dalam menentukan siswa berprestasi. Kemampuan sistem yang dikembangkan dalam dapat memberikan solusi bagi pihak sekolah dalam menentukan siswa berprestasi dan hasilnya dalam bentuk peringkat. Berdasarkan hasil analisis metode electre siswa yang berprestasi di SMA Negeri 1 Kefamenanu yaitu Tutur Pryambadha dengan total nilai 12.

Author Biographies

Metriana Fallo, Universitas Timor, Kefamenanu
Teknologi Informasi
Yoseph PK Kelen, Universitas Timor, Kefamenanu
Teknologi Informasi
Darsono Nababan, Universitas Timor, Kefamenanu
Teknologi Informasi
Hevi Herlina Ullu, Universitas Timor, Kefamenanu
Teknologi Informasi
Published
2024-01-04
How to Cite
FALLO, Metriana et al. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Pada SMA Negeri 1 Kefamenanu Menggunakan Metode Electre. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 141-150, jan. 2024. ISSN 2548-3331. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/2591>. Date accessed: 06 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.51211/imbi.v8i2.2591.