Perancangan Game Edukasi Pengenalan Buah untuk Anak Usia Dini Berbasis Android Menggunakan Metode R&D

  • Salsabila Safirana Wibisono UIN Walisongo Semarang
  • Khothibul Umam UIN Walisongo Semarang

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu lembaga pendidikan paling awal bagi anak. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi masa kini serta kecenderungan anak untuk bermain daripada belajar, membuat peneliti tertarik untuk membuat game edukasi untuk anak usia dini. Penelitian ini ialah untuk mengembangkan game edukasi Android untuk anak usia dini dalam meningkatkan kreativitas, kognitif, psikomotorik, serta wawasan mengenai buah-buahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Game ini dirancang dengan Construct 3 untuk pembuatannya dan Canva untuk pembuatan asetnya. Dengan metode drag and drop, anak-anak mencocokkan gambar buah dan bayangannya. Hasil evaluasi menunjukkan potensi game sebagai alat pembelajaran yang menarik dan efektif. Diharapkan game ini dapat meningkatkan minat belajar anak-anak terhadap buah-buahan, mendukung pendekatan pembelajaran yang menyenangkan.

Author Biographies

Salsabila Safirana Wibisono, UIN Walisongo Semarang
Teknologi Informasi
Khothibul Umam, UIN Walisongo Semarang
Teknologi Informasi

References

[1] Permatasari, Asikin, N. R. Dewi, “MaTriG: Game Edukasi Matematika dengan Construct 3”, Indonesian Journal of Computer Sciene, Vol 1, No. 1, pp 233-245, 2022
[2] M. David, E. Insani, D. Tumangger, S. AIsyah, “Perancangan Mobile Game Edukasi Penenalan Buah-Buahan untuk Sekolah Dasar”, KESATRIA: Jurnal Penerapan Sistem Inormasi (Komputer & Manajemen), Vol 2, No 4, pp 191-194, 2021
[3] F. Suasty and A. A. Hadi, “Penggunan Media Pembelajaran Video untuk Solusi Penurunan Pemahaman Materi Pembelajaran Ketika Belajar Online Akibat Pandemic Covid-19”, Vol 1, No 1, pp 12–16, 2020
[4] Hayhow, Parn, Edwards, Hosseini, & Aigbavboa, “Construct-it: A board game to enhance built environment students’ understanding of the property life cycle”, Ind. High. Educ., Vol 33, No 3, pp 186–197, 2019, doi: 10.1177/0950422219825985
[5] Amanda & Putri, “Pengembangan Game Edukasi Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Berbasis Android di SDN 1 Jepun”, JOEICT (Jurnal Education Information Communication Technology, Vol 3, No 2, pp 160–168, 2019
[6] Sanjaya, Cristanti, & Prayogo, “Mudah Membuat Game Edukasi Berbasis Android”, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017.
[7] Kurniawan and Rivaldi, “Game Edukasi Pengenalan dan Pembelajaran Berhitung untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar,” J. Manaj. Inform., vol. 11, no. 1, pp. 47–59, 2021, doi: 10.34010/jamikav11i1.
[8] A. Ahmad and Y. I. Kurniawan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pegawai Terbaik Menggunakan Simple Additive Weighting,” J. Tek. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 101–108, 2020, doi: https://doi.org/10.20884/1.jutif.2020.1.2.14
[9] Azwar Anas, Agus Pratondo, and Aprianti Putri Sujana, “Pengenalan Buah-Buahan Menggunakan Aplikasi Game Puzzle Berbasis Android Untuk Anak Usia Dini,” eProceedings Appl. Sci., vol. 7, no. 4, pp. 974–990, 2021.
[10] Indarti and D. Laraswati, “Digital Game Based Learning Tebak Nama Buah dan Sayuran Dalam Bahasa Inggris Dengan Model Addie,” J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. 7, no. 1, pp. 45–50, 2021, doi: 10.31294/jtk.v4i2.
Published
2024-01-22
How to Cite
WIBISONO, Salsabila Safirana; UMAM, Khothibul. Perancangan Game Edukasi Pengenalan Buah untuk Anak Usia Dini Berbasis Android Menggunakan Metode R&D. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 171-180, jan. 2024. ISSN 2548-3331. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/2700>. Date accessed: 06 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.51211/imbi.v8i2.2700.