Rancang Bangun Aplikasi Website Cafe Youtme Menggunakan Unified Modeling Language (UML)

  • Muhammad Ghazi Al Ghifari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Apriade Voutama Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Abstrak: Setiap hari teknologi informasi terus berkembang dengan sangat pesat, mulai dari perangkat keras (hardware) dan juga perangkat lunak (software). Jaringan internet adalah salah satu contoh alat teknologi yang menyediakan jutaan jenis data. Manusia dapat melakukan apapun dan dimanapun dengan menggunakan jaringan internet. Teknologi membantu manusia sepanjang hari. Teknologi juga bisa dirasakan diberbagai bidang, termasuk pada restoran dan cafe. Youtme adalah sebuah cafe yang menjual minuman dan makanan ringan. Cafe ini selalu penuh dengan pembeli dari buka hingga tutup, dengan lonjakan besar di akhir pekan. Cafe selalu penuh dengan pelanggan karena jumlah pembeli yang meningkat pada hari-hari tersebut. Namun, penjualan di cafe Youtme masih dilakukan secara manual dan terbatas. Akibatnya, pengelolaan pemesanan dan distribusi di cafe tersebut tidak efisien. Dalam perancangan pada penelitian ini menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan permodelan Unified Modeling Language (UML).  Penelitian ini juga menghasilkan sebuah aplikasi yang dapat memudahkan dalam penjualan setiap harinya. Aplikasi ini akan dikembangkan seiring berjalannya waktu.
 
Kata kunci: Aplikasi, Cafe, UML, Website
 
Abstract: Every day information technology continues to develop very rapidly, starting from hardware (hardware) and also software (software). The internet network is one example of a technological tool that provides millions of types of data. Humans can do anything and anywhere by using the internet network. Technology helps humans throughout the day. Technology can also be felt in various fields, including restaurants and cafes. Youtme is a cafe that sells drinks and snacks. The cafe is always full of customers from opening to closing, with a big spike on weekends. The cafe is always full of customers as the number of buyers increases on those days. However, sales at Youtme cafe are still done manually and limited. As a result, the management of ordering and distribution at the cafe is inefficient. In the design of this research using the System Development Life Cycle (SDLC) method with Unified Modeling Language (UML) modeling.  This research also produces an application that can facilitate sales every day. This application will be developed over time.
 
Keywords: Application, Cafe, UML, Website

Author Biographies

Muhammad Ghazi Al Ghifari, Universitas Singaperbangsa Karawang
Informatika
Apriade Voutama, Universitas Singaperbangsa Karawang
Informatika
Published
2024-06-18
How to Cite
GHIFARI, Muhammad Ghazi Al; VOUTAMA, Apriade. Rancang Bangun Aplikasi Website Cafe Youtme Menggunakan Unified Modeling Language (UML). INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 31-40, june 2024. ISSN 2548-3331. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/2926>. Date accessed: 06 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.51211/imbi.v9i1.2926.