Goldmerchant Sebagai Alat Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Produk (Studi Kasus : Member Tokopedia)

  • Bibit Sudarsono Manajemen Informatika; AMIK BSI Karawang

Abstract

Abstrak: Teknologi informasi memiliki peranan yang penting terhadap dunia usaha, khususnya merubah cara bisnis dari konsep konvensional dengan sistem digital. Marketplace yang terus bertambah dalam dunia e-commerce membantu penjual dalam bisnis atau usaha yang sedang dijalankan. Di Indonesia perkembangan e-commerce melaju pesat, banyak marketplace-marketplace yang tumbuh dengan signifikan. Salah satu marketplace yang memiliki banyak pengunjung adalah Tokopedia, sehingga penjual dapat membuka toko online disana. Pada tokopedia menyediakan fitur Gold Merchant yang berfungsi untuk membedakan dengan toko online lain, karena memiliki logo Gold pada toko online tersebut. Pada Gold Merchant penjual dapat mengatur promo untuk meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan promo Topads, dimana penjual dapat mengatur promo yang telah disediakan mulai dari budget yang rendah hingga tinggi, itu sangat berguna dalam mengefisiensikan biaya promo yang dikeluarkan penjual, serta dengan dengan mengatur topads dapat meningkatkan penjualan.
 
Kata kunci: e-commerce, gold merchant, toko online, teknologi informasi, topads
 
Abstract: Information technology has an important role on business environment, especially changing business framework from the concept of conventional into digital system. Marketplaces which continue to grow in the world of e-commerce help any seller in any business or enterprise these days. In Indonesia, the development of e-commerce grows rapidly. Many marketplaces have grown significantly. One of the marketplaces which have many visitors is tokopedia. Every user is able to market their products in there. Tokopedia provides some features, one of them is gold merchant feature that serves to distinguish regular seller in terms of usage and features availibility. In gold merchant, seller can arrange promos to boost sales by using topads promos where seller can arrange promos that have been provided starting from budget based from low to high. It is very useful in managing the cost of promos issued by the seller, and is also able to boost sales of the products.
 
Keywords: E-commerce, gold merchant, online store, information technology, topads

Author Biography

Bibit Sudarsono, Manajemen Informatika; AMIK BSI Karawang
Manajemen Informatika; AMIK BSI Karawang
Published
2017-12-13
How to Cite
SUDARSONO, Bibit. Goldmerchant Sebagai Alat Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Produk (Studi Kasus : Member Tokopedia). INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-10, dec. 2017. ISSN 2548-3331. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/598>. Date accessed: 06 sep. 2024.