Strategi Pemasaran Kerajinan Tangan Berbahan Baku Daur Ulang di Ciampea Kabupaten Bogor

ID

  • Wahidin Septa Zahran Administrasi Bisnis, Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
  • Ernawati Has Administrasi Bisnis, Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
  • Diana Prihadini Administrasi Bisnis, Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
  • Heksawan Rahmadi Administrasi Bisnis, Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman kerajinan tangan UMKM Tikar Amanah dan untuk mengetahui strategi apa yang harus dilakukan untuk pemasarannya berdasarkan faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman tersebut.  Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif.  Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis SWOT dan analisis data Model Miles Huberman Alternatif  strategi  yang  dapat  diterapkan  dalam  memasarkan  kerajinan pembuatan tikar pada UMKM Tikar Amanah plastik amanah yaitu Strategi S-O (Strength-Opportunity) dengan meningkatkan kualitas SDM pengrajin dalam rangka meningkatkan daya saing produk serta memperkuat jejaring permodalan, promosi, dan pelanggan serta menjaga hubungan baik dengan pemasok untuk menjamin kontinyuitas bahan baku.  Strategi W-O (Weakness-Opportunity) dengan optimalisasi penggunaan berbagai media dalam meningkatkan promosi dan pemanfaatan fasilitas pemerintah untuk meningkatkan inovasi, permodalan, manajemen produksi, dan pemasaran.  Strategi S-T (Strength-Threat) melal ui peningkatkan   efisiensi   produk   dan   margin   dengan   menggunakan saluran distribusi yang pendek serta menjaga  kepercayaan  konsumen  dengan  kualitas  dan  kontinyuitas produk melalui manajemen produksi yang lebih baik.  Sedangakan Strategi W-T (Weakness-Threat) adalah dengan meningkatkan inovasi dan promosi produk dengan melihat perkembangan pasar serta meningkatkan alokasi waktu pengrajin serta melakukan pencatatan data produksi dan penguatan dana mandiri.
 
Kata Kunci: Analisis Swot, Kerajinan tangan UMKM, Model Miles Huberman.
 
Abstract: The purpose of this study is to know what factors into the strengths, weaknesses, opportunities and threats of handicraft of Tikar Amanah SMEs and to know what strategy should be done for marketing SMEs Amanah Mat based on the factors of strength, weakness, opportunities and threats. The research was conducted with qualitative descriptive approach. Data analysis technique used is SWOT Analysis and data analysis Model Miles Huberman Alternative strategies that can be applied in marketing the handicraft-making mats on SMEs Amanah mandah Amanah that is Strength-Opportunity Strategy by improving the quality of human resources of craftsmen in order to improve the competitiveness of products and strengthen the network of capital, promotion, and customers and maintain good relationships with suppliers to ensure the continuity of raw materials. W-O (Weakness-Opportunity) Strategy by optimizing the use of various media in enhancing the promotion and utilization of government facilities to improve innovation, capitalization, production management, and marketing. The Strength-Threat Strategy improves product efficiency and margin by using short distribution channels and maintaining consumer confidence with product quality and continuity through improved production management. While the W-T Strategy (Weakness-Threat) is to increase innovation and product promotion by looking at market developments and increasing the time allocation of craftsmen as well as recording production data and strengthening self-fund.
 
Keyword: Swot Analysis, Handicraft of SMEs, Miles Huberman Model.

References

Abdul FW, Iridiastadi H. 2018. Perbaikan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Menggunakan Define, Measurement, Analyze, Improvement, Control. Jurnal Administrasi Kantor. 6 (1): 1-10.

Abdul FW., Joyoprayitno E., Maulamin T. 2016. Analisis Strategi Dan Daya Saing Maskapai Berbiaya Rendah: Study Kasus RyanAir Ltd. 13 (2), 210–220.

Alma B. 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Jakarta (ID): Penerbit Erlangga.

Budiarti E., 2012. Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sampah di Kota Tanggerang Selatan. Skripsi: FISIP Universitas Indonesia.

Darmayani AI., Suharyono., Abdillah Y. 2014. Strategi Pemasaran Kerajinan Buah Kering Untuk Meningkatkan Nilai Ekspor Pada UD. Indo Nature, Lombok–NTB. Jurnal Administrasi Bisnis, 11 (1): 1–10.

Rangkuti F., 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta (ID): PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sunarsih L., Umar HMS., Suharso P. 2015. Strategi Pemasaran Home Industry Pengrajin Anyaman Bambu Di Desa Gintangan, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9 (2): 57-8.
Published
2018-12-30
How to Cite
ZAHRAN, Wahidin Septa et al. Strategi Pemasaran Kerajinan Tangan Berbahan Baku Daur Ulang di Ciampea Kabupaten Bogor. JURNAL ADMINISTRASI KANTOR, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 163-172, dec. 2018. ISSN 2527-9769. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAK/article/view/1023>. Date accessed: 08 sep. 2024.