Media Sosial Instagram Berpengaruh Terhadap Minat Beli Produk Wardah

IN

  • Virginia Larasati Ilmu Komunikasi; Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita
  • Elsie Oktivera Ilmu Komunikasi; Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita

Abstract

Abstrak: Perkembangan teknologi saat ini semakin hari semakin meningkat. Penggunaan teknologi saat ini beralih dari media konvensional berkembang ke media baru. Salah satu media baru yang menggunakan internet mobile adalah media sosial. Wardah adalah salah satu toko online shop dan online store dari salah satu make up brand yang paling dikenal di Jakarta yang menggunakan Instagram dalam promosi dan penjualan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh penggunaan media sosial Instagram Wardah terhadap minat beli konsumen Wardah di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik probability sampling menggunakan simple random sampling sebanyak 170 (seratus tujuh puluh) responden di Jakarta. Uji validitas, reliabilitas, normalitas, linieritas, regresi sederhana, dan determinasi yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan data yang diolah dari program SPSS versi 22.00. Hasil penelitian ini mengungkapkan adanya pengaruh positif penggunaan media sosial Instagram Wardah terhadap minat beli konsumen Wardah sebesar 61.6% dan sisanya sebesar 38.4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk di dalam penelitian ini.
 
Kata kunci: Instagram, media baru, minat beli.
 
Abstract: Technological developments increase, changing from conventional into new media. One of the new media that uses mobile internet is social media. Wardah, an online shop and online store from one of the most well-known makeup brands in Jakarta do promotions and product selling by Instagram. This study aims to analyze the influence of Wardah Instagram social media on Wardah's consumer buying interest in Jakarta. This study uses quantitative methods with probability sampling techniques using simple random sampling to 170 respondents in Jakarta. Tests of validity, reliability, normality, linearity, simple regression, and determination are carried out in this study. Data was processed by SPSS program version 22.00. The results of this study revealed a positive influence on the use of Wardah Instagram social media towards Wardah's consumer purchasing intention of 61.6% and the remaining 38.4% was influenced by other variables not included in this study.
 
Keywords: Instagram, new media, buying intentions.

References

Arianita NM., Oktivera E. 2018. Analisis Iklan Instant Messaging Line Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Starbucks di Jakarta Selatan. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis. 4 (1): 45–53.

Arief GM., Millianyani H. 2015. Pengaruh Sosial Media Marketing Melalui Intagram Terhadap Minat Beli Konsumen Sugar Tribe. e-Proceeding Management. 2: 2581–2586.

Atmoko BD. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta (ID): Media Kita.

Indika DR., Jovita C. 2017. Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan. 1 (1): 25–31.

Kominfo RI. 2017. Laporan Survey APJII 2017. http://kominfo.go.id.

Mayfield A. 2008. What is Social Media? London (GBR): iCrossing.

McQuil D. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta (ID): Salemba Humanika.

Schiffman LG., Kanuk LL. 2004. Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh. Jakarta (ID): PT Indeks Kelompok Gramedia.

Vivian J. 2008. Teori Komunikasi Massa. Jakarta (ID): Prenada Media Group.
Published
2019-07-04
How to Cite
LARASATI, Virginia; OKTIVERA, Elsie. Media Sosial Instagram Berpengaruh Terhadap Minat Beli Produk Wardah. JURNAL ADMINISTRASI KANTOR, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 31-40, july 2019. ISSN 2527-9769. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAK/article/view/1119>. Date accessed: 08 sep. 2024.