Strategi Komunikasi Pemasaran Hotel Bintang Empat Meraih Pelanggan

IN

Abstract

Abstrak: Pertumbuhan dan perkembangan bisnis perhotelan (hospitality) di Kota bekasi semakin pesat. Untuk dapat meraih pelanggan sebagai konsumen maka hotel-hotel khususnya hotel berbintang empat harus memiliki strategi komuniksi pemasaran untuk mempromosikan produk-produk dan layanan hotel sehingga mampu meraih pelanggan. Peneltian difokuskan pada bagaimana strategi komunikasi pemasaran hotel bintang empat dalam meraih pelanggan. Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran hotel bintang empat di Kota Bekasi dalam meraih pelanggan. Penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data primer dan sekunder dengan bagian marketing dan manajemen hotel. Hasil penelitian menyatakan bahwa strategi komunikasi pemasaran hotel bintang empat yang diterapkan sesuai perencanaan dan tujuan strategi komunikasi. Strategi komunikasi pemasaran menggunakan elemen bauran komunikasi yaitu periklanan (advertising), pemasaran  langsung (direct selling), promosi penjualan (sales promotion), penjualan personal (personal selling), hubungan masyarakat (humas).
 
Kata kunci: Komunikasi, Pemasaran, Perhotelan, Pelanggan, Strategi.
 
Abstract: The growth and development of the hospitality business in the city of Bekasi is increasing rapidly. To reach customers, the hotels, especially four-star hotels, must have a marketing communications strategy to promote hotel products and services so they can reach customers. Research focused on how the four-star hotel marketing communication strategy in reaching customers. The research objective was to find out the marketing communication strategy of four-star hotels in the city of Bekasi in reaching customers. The research was conducted in a qualitative descriptive using primary and secondary data collection techniques with the hotel marketing staff and management company. The results of the research statement that the four-star hotel marketing communication strategy is applied according to the planning and communication strategy objectives. Marketing communication strategy uses elements of communication mix: advertising, direct marketing, sales promotion, personal selling, and public relations. Keywords: Communication, Marketing, Hospitality, Customers, Strategy.

References

Harefia H. 2018. Strategi Komunikasi Pemasaran Hotel Grand Mercure Jakarta Kemayoran. Jakarta (ID): Universitas Bunda Mulia.

Ishak F, Laisa Z, Talani NS. 2015. Strategi Komunikasi Pemasaran Hotel Grand Q. Artikel Ilmiah. 1 (10).

Lupiyoadi R. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarta (ID): Penerbit Salemba Empat.

Moleong LJ. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung (ID): PT Remaja Rosdakarya.

Morissan AM. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta (ID): Penerbit Kencana.

Purba A, dkk. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Medan (ID): Pustaka Bangsa Pers.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung (ID): Alfabeta.

Sukmadinata NS. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung (ID): Remaja Rosda Karya.

Sunyoto D. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta (ID): CAPS.

Tjiptono F. 2012. Service Management: Mewujudka Layanan Prima. Yogyakarta (ID): Andi.

Wardhana A. 2016. Strategi Komuniksi Pemasaran Septia Hotel Yogyakarta. Chanel. 4 (1): 117-124.
Published
2019-08-21
How to Cite
WIDIAWATI, Kristiana. Strategi Komunikasi Pemasaran Hotel Bintang Empat Meraih Pelanggan. JURNAL ADMINISTRASI KANTOR, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 63-74, aug. 2019. ISSN 2527-9769. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAK/article/view/1145>. Date accessed: 08 sep. 2024.