Penerapan Kaizen Dalam Meningkatkan Efisiensi Dan Kualitas Produk Pada Bagian Banbury PT Bridgestone Tire Indonesia

  • Arief Fatkhurrohman
  • Subawa Subawa

Abstract

Abstrak: PT Bridgestone Tire Indonesia adalah perusahaan otomotif yang memproduksi ban mobil. Perusahaan telah lama menggunakan kaizen dalam kegiatan produksinya, tetapi saat ini proses produksi sering mengalami masalah oleh karena itu proses produksi menjadi tidak efisien dan kualitas produk menjadi tidak sesuai dengan standar kualitas. Oleh sebab itu, tujuan penulisan ini adalah untuk memperbaiki atau menerapkan kaizen di area kerja untuk mengetahui bagaimana kaizen dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas produk. Arti kaizen adalah perbaikan secara terus menerus dan mempunyai tujuan untuk meningkatkan keselamatan kerja, kualitas, produktivitas dan biaya. Konsep yang biasanya digunakan adalah konsep rencana, lakukan, periksa, dan laksanakan. Berdasarkan hasil penelitian, perbaikan yang dilakukan bagian Banbury dengan menambahkan stopper pada bagian mesin yang bermasalah. Hasil dari perbaikan dapat mengurangi biaya produksi Rp 180 juta/bulan dengan menghilangkan loss time produksi, menghemat energi, mengurangi kerusakan materi dan mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan membuat kualitas menjadi standar. Kata kunci : Efisien, kaizen, kualitas, perbaikan terus menerus, PDCA. Abstrak: PT Bridgestone Tire Indonesia is a automotive company that manufactures a tires. The company has long time used kaizen in their production activities,but in this time in the production process often occus trouble, so that the production process become inefficient and the quality of part become incompatible with company quality standars. Therefore, the objective of this study was to do repairs in work area or implement kaizen to know how kaizen can improve efficiency and product quality. The means of kaizen is continuous improvement and have aimed to increase safety, quality, production dan cost. The usually concept used is the PDCA concept (Plan, Do, Check, Action). Based on the results of research on the improvements made banbury by adding “stopper†on the part of the engine trouble.the results of these improvements can reduce production cost of 180 million/month by eliminating the loss time production and loss energy, reducing scrap material, and to prevent potential accidents and making quailty into standards. Keyword : , Efficiency, kaizen, quality, continuous improvement, PDCA.

References

Ekoanindiyo FA. 2013. Pengendalian Kualitas Menggunakan Pendekatan Kaizen. Jurnal Manajemen, hal 1-10.
Ferdiansyah H. 2011. Usulan Rencana Perbaikan Kualitas Produk Penyangga Duduk Jok Sepeda Motor Dengan Pendekatan Metode Kaizen (5W+1H) Di PT EKAPRASARANA. Jurnal Manajeme, hal 1-10.
Paramita PD. 2012. Penerapan Kaizen Dalam Perusahaan. Jurnal Manajemen, hal 1-11.
Isyanto P, Budi R, Doni AF. 2012. Pengaruh Deferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Pecel Lele Lela Cabang Karawang. Jurnal Manajemen, hal 830-841.
Tanjung H, Syamsul M. 2003. Manajemen Operasi Edisi 3. Jakarta: Grasindo
Gaspersz V. 2006. Total Quality Management (TQM) Untuk Praktisi Bisnis Dan Industri. Jakarta: Gramedia Pusaka Utama.
Mikkael, R. H. (2015). Studi Deskriptif Penerapan 5S (Seiri, Seiton, Seiketsu, dan Shitsuke) Dalam meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan. Jurnal Inkubator Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 29-45.
Heizer J, Barry R. 2005. Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.
Smalley A, Isao K. 2011. Toyota Kaizen Methods. Jakarta: Gradien Mediatama.
Published
2016-06-01
How to Cite
FATKHURROHMAN, Arief; SUBAWA, Subawa. Penerapan Kaizen Dalam Meningkatkan Efisiensi Dan Kualitas Produk Pada Bagian Banbury PT Bridgestone Tire Indonesia. JURNAL ADMINISTRASI KANTOR, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 14 - 31, june 2016. ISSN 2527-9769. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAK/article/view/12>. Date accessed: 08 sep. 2024.