Dampak Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk Keuangan Syariah

IN

  • Mochamad Reza Adiyanto Universitas Trunojoyo Madura
  • Arie Setyo Dwi Purnomo Manajemen, Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Abstrak: Literasi keuangan berperan penting bagi warga guna memilih dan menggunakan produk jasa keuangan sesuai dengan kebutuhannya. Peningkatan literasi keuangan sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan. Apabila masyarakat telah mempunyai tingkat literasi keuangan yang tinggi diharapkan mampu mendorong percepatan pembangunan ekonomi suatu bangsa. Tujuan penelitian adalah mengukur tingkat literasi keuangan syariah peserta pelatihan usaha mikro dan kecil serta menganalisis pengaruh tingkat literasi keuangan syariah pada minat menggunakan produk perbankan syariah. Data primer bersifat kuantitatif adalah jenis data yang digunakan. Data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada peserta pelatihan pemberdayaan usaha mikro dan kecil. Sample ditentukan secara sengaja (convenience sampling). Responden berjumlah 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan responden adalah tinggi (93%). Selain itu, berdasarkan hasil penelitian bahwa literasi keuangan syariah berpengaruh positif terhadap minat menggunakan produk perbankan syariah dengan koefisien regresi sebesar 0.723 dan signifikasi 0.002. Berdasarkan uji determinasi mengenai variable literasi dapat disimpulkan bahwa kontribusi variabel literasi keuangan syariah sebesar 68.9 persen terhadap minat menggunakan produk perbankan syariah sedangkan sisanya sebesar 31.1 persen merupakan kontribusi dari faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Penelitian ini memberikan implikasi manajerial bahwa diperlukan sosialisasi yang masif dengan frekuensi tinggi tentang keuangan syariah kepada masyarakat agar minat masyarakat untuk menggunakan produk keuangan syariah khususnya produk perbankan syariah meningkat.
 
Kata kunci: Literasi, Keuangan syariah, Perbankan syariah.
 
Abstract: Financial literacy has a very important role for people to choose and use financial service products according to their needs. Increasing financial literacy as an effort to improve welfare. If the community already has a high level of financial literacy, it is hoped that it can accelerate the economic development of a nation. Research objectives is measuring the degree of sharia financial literation of the training small and micro business participants and then analyzing the influence of the sharia literation financial interest to use the sharia banks. The kind of data that is used is primary data quantitative. The primary data was obtained from spreading to the participants the empowerment of micro and small enterprises. Sample is determined by deliberately ( convenience ) sampling. The respondents were 33. The result showed that the sharia financial literation respondents were high (93%). In addition, based on the research that sharia financial literation had a positive impact of using sharia banking product by the regression coefficient 0.723 and significant in 0.002. Based on the determination of variable literation we can be conclude that the contribution of sharia financial literation variable 68.9 percent of interest to use the sharia banks the remaining fund 31.1 percent was contributed by other factors. This study provide managerial implication that it takes the massive about sharia financial by high frequency to peoples to use sharia financial product especially to sharia banking products increased.
 
Keywords: Literation, Sharia financial, Sharia banking.

References

Agama K. 2014. Jumlah Penganut Agama Menurut Kab/Kota Tahun 2014.

Ahyar MK. 2018. Literasi Keuangan Syariah Dan Pondok Pesantren (Studi Kasus Pondok Modern Asy-Syifa Balikpapan). Islam. J. Ekon. Islam 9: 191–210.

Badan Pusat Statistik. 2020. Hasil Sensus Penduduk 2020. Sensus Pendud. 2020 6: 1–18.

Djuwita D, Yusuf AA. 2018. Tingkat Literasi Keuangan Syariah Di Kalangan UMKM Dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Usaha. Al-Amwal J. Ekon. dan Perbank. Syari’ah 10: 105.

Faridho M Al. 2018. Sharia Economics Edugame (SEE): Alternatif Pengembangan Pemahaman Literasi Keuangan Syariah. J. Stud. Agama dan Masy. 14: 64.

Hamzah A. 2019. Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Syariah Di Kalangan Tenaga Pendidik Kabupaten Kuningan. J. Akunt. dan Keuang. Islam Volume 7(2: 175–187.

Khosasi A. 2017. Pengaruh literasi keuangan syariah dan pemasaran terhadap pengambilan keputusan nasabah melakukan pembiayaan mikro di bank syariah Bukopin Sidoharjo. SKRIPSI UI Sunan Ampel Surabaya: 1–93.
Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah. 2019. Literasi dan Edukasi Keuangan Syariah Akan di Dorong dengan Implementasi MEKSI. Kneks: 2019.

Lestari NM. 2019. Pengaruh Tingkat Literasi Mahasiswa Perbankan Syahriah Terhadap Inklusi Keuangan Produk Perbankan Syahriah Dalam Transaksi E_Commerce | Jurnal Ekonomi Islam. J. Ekon. Islam Fak. Agama Islam UHAMKA 10: 208–226.

Marlina L. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Non Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah Di Tasikmalaya. Eqien J. Ekon. dan Bisnis 7: 33–40.

Mulyaningtyas IF, Soesatyo Y, Sakti NC. 2020. Pengaruh Pengetahuan Tentang Bank Syariah Dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Menabung Siswa Pada Bank Syariah Di Kelas Xi Ips Man 2 Kota Malang. J. Ekon. Pendidik. Dan Kewirausahaan 8: 53.

Nasution AW, Nasution AW. 2019. Analisis Faktor Kesadaran Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa Keuangan Dan Perbakan Syariah. Equilib. J. Ekon. Syariah 7: 40.

OECD P. 2015. Assessment and analytical framework: science. 24–25 p.

OJK. 2019. Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2019. Surv. Rep.: 1–26.

Otoritas Jasa Keuangan. 2017a. Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (Revisit 2017). Otoritas Jasa Keuang.: 1–99.

Otoritas Jasa Keuangan. 2017b. Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2016. Surv. Rep.: 1689–1699.
Panghayo NA, Musdholifah M. 2018. Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Pemilihan Layanan Keuangan Syariah. al-Uqud J. Islam. Econ. 2: 152–167.

Rahmawaty A. 2014. Pengaruh Persepsi Tentang Bank Syari’Ah Terhadap Minat Menggunakan Produk Di Bni Syari’Ah Semarang. Addin 8: 1–28.

Shaleh AR; Wahab MA. 2004. Psikologi: Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.

Sukron. 2012. Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Non Muslim Menjadi Nasabah di Bank BNI Syariah Cabang Semarang. Inst. Agama Islam Negeri Walisongo.

Utama IGBR. 2016. Teknik Sampling dan Penentuan Jumlah sampel. Univ. Dhyana Pura, Bali: 23.

Wahyu R. 2019. Analisis Tingkat Literasi Keuangan Syariah Masyarakat Kota Banda Aceh. Univ. Islam Negeri Ar Raniry 8: 55.

Yanti, E. R. (2020). Dampak Struktur Aktiva, Profitabilitas, Rasio Hutang, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Dan Harga Saham. Jurnal Administrasi Kantor, 8(2), 173-184.
Published
2021-06-30
How to Cite
ADIYANTO, Mochamad Reza; DWI PURNOMO, Arie Setyo. Dampak Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk Keuangan Syariah. JURNAL ADMINISTRASI KANTOR, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 1-12, june 2021. ISSN 2527-9769. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAK/article/view/1461>. Date accessed: 08 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.51211/jak.v9i1.1461.