SDM Digital: Strategi Tranformasi Bank Menjadi Bank Digital

IN

  • Budi Hartono Universitas Tidar
  • Hanung Eka Atmaja Universitas Tidar

Abstract

Abstrak: Disrupsi pada semua lapisan industri termasuk industri jasa keuangan membuat petinggi perusahaan untuk beradaptasi dengan trend teknologi yang ada. Disrupsi digital memaksa transformasi mutlak harus dilakukan, suka atau tidak suka. Realitas ini mengakibatkan perbankan dan industri asuransi perusahaan berada di bawah tekanan untuk mengatasi beberapa kekuatan yang berubah di pasar tempat seperti kondisi ekonomi makro yang menantang, meningkatkan tekanan persaingan untuk kepemimpinan pasar, lingkungan peraturan yang ketat, dan selera pelanggan yang berubah. Trend persaingan pun berubah, tidak lagi persaingan tradisional yang selama ini terjadi. Industri perbankan dan asuransi harus menghadapi munculnya perusahaan keuangan baru yang disebut Financial Technology (Fintech). Selera dan preferensi pelanggan dibentuk oleh pengalaman digital mereka di luar perbankan. Fintech memiliki keunggulan pada layanan kecepatan dan kemudahan dalam menangani pelanggan, sehingga ekspektasi dan kebutuhan pelanggan dapat terlayani dengan lancar. Akibatnya, lembaga perbankan berada di titik puncak untuk harus segera melakukan revolusi digital.  Setiap aspek bisnis perlu beradaptasi dengan cara mengoptimalkan kekuatan internal dan eksternal. Kekuatan internal yang menjadi kunci kesuksesan transformasi tradisional ke digital adalah melalui transformasi digital pada Sumber Daya Manusia (SDM). Transformasi digital pada SDM menjadi topik yang menarik bagi para peneliti SDM dalam satu dekade terakhir, tentunya juga menjadi fokus perhatian banyak professional SDM. Alasan utama mengapa transformasi digital pada SDM karena teknologi digital memiliki potensi dan kemampuan untuk mengubah SDM seperti yang kita kenal saat ini untuk menjadi lebih efisien.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana praktik Manajemen Sumber Daya Manusia (HRM/MSDM) dapat menjadi kunci kesuksesan industri perbankan dalam menanggapi peningkatan persaingan yang semakin kompleks. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa fungsi MSDM dapat menjadi faktor kunci kesuksesan perusahaan dalam beradaptasi pada era digital. MSDM berperan menciptakan perubahan kebiasaan-kebiasaan digital dalam perusahaan, menyiapkan SDM digital pada perusahaan, dan pengembangan kapabilitas digital.  Penelitian ini akan membantu masa depan penelitian di bidang MSDM untuk memberikan pemahaman yang lebih tentang fenomena SDM Digital dalam pengembangan landasan teoritis untuk studi lebih lanjut.
 
Kata kunci: Adaptasi, Disrupsi, Perbankan, Persaingan, Tranformasi SDM Dgital.
 
Abstract: Disruption at all levels of the industry, including the financial services industry, made company officials adapt to existing technological trends. Digital disruption forces the transformation to be absolutely necessary, whether we like it or not. This reality is that the banking and corporate insurance industry is under pressure to cope with some of the changing forces in the market place such as challenging macroeconomic conditions, increasing competitive pressure for market leadership, a strict regulatory environment, and changing customer tastes. The competition trend has changed, it is no longer traditional competition that has been happening so far. The banking and insurance industry must face the emergence of a new financial company called Financial Technology (Fintech). Customer tastes and preferences are shaped by their digital experience outside of banking. Fintech has the advantage of speed and ease of handling customers, so that customer expectations and needs can be served smoothly. As a result, banking institutions are at the cusp of urgently having to carry out a digital revolution. Every aspect of a business needs to adapt in a way that optimizes internal and external strengths. Internal strength that is the key to the success of traditional transformation to digital is through digital transformation in Human Resources (HR). Digital transformation in HR has become an interesting topic for HR researchers in the last decade, of course, has also become the focus of attention of many HR professionals. The main reason why digital transformation in HR is because digital technology has the potential and ability to transform HR as we know it today to be more efficient. The purpose of this research is to explore how the practice of Human Resource Management (HRM / MSDM) can be the key to the success of the banking industry in responding to increasing competition which is increasingly complex. The results of this study indicate that the function of HRM can be a key factor in a company's success in adapting to the digital era. HRM plays a role in creating changes in digital habits in companies, preparing digital human resources for companies, and developing digital capabilities. This research will help future research in the field of HRM to provide a deeper understanding of the phenomenon of Digital HR in developing a theoretical foundation for further studies.
 
Keywords: Adaptation, Disruption, Banking, Competition, Digital human resource transformation.

References

Anna Omarini. 2017. The Digital Transformation in Banking and The Role of FinTechs in the New Financial Intermediation Scenario. Int. J. Financ. Econ. Trade: 1–6.

Anthony DiRomualdo, El-Khoury D, Girimonte F. 2018. HR in the digital age: how digital technology will change HR’s organization structure, processes and roles. Strateg. HR Rev. 17.

Bissola R, Imperatori B. 2020. HRM 4.0: The digital transformation of the HR department. UK: Emerald Publishing Limited.

Cemal Zehir, KaraboÄŸa T, BaÅŸar D. 2019. The Transformation of Human Resource Management and Its Impact on Overall Business Performance: Big Data Analytics and AI Technologies in Strategic HRM. Springer.

Deloitte. 2018. 2019 Banking and Capital Markets Outlook Reimagining transformation. Deloitte Center for Financial Services.

Diener F, Špaček M. 2021. Digital transformation in banking: A managerial perspective on barriers to change. Sustain. 13: 1–26.

Fenech R, Baguant P, Ivanov D. 2019. The changing role of human resource management in an era of digital transformation. J. Manag. Inf. Decis. Sci. 22: 176–180.

Fitria Rismawati F, Wahyuni S, Widodo J. 2019. Strategi Pemasaran Stp (Segmenting, Targeting, Positioning) Larissa Aesthetic Center Cabang Jember. J. Pendidik. Ekon. J. Ilm. Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekon. dan Ilmu Sos. 13: 68.

Hartono B, Maksum I. 2020. The Importance of Changing Management Styles in The Digital Age. J. Ind. Eng. Manag. … 1: 148–154.

Indayani S, Hartono B. 2020. Analisis Pengangguran dan Pertumbuhan Ekonomi sebagai Akibat Pandemi Covid-19. J. Perspekt. 18: 201–208.

Lei Z, Jing Y. 2016. Study on Human Resource Reform in the Digital Transformation. 471–477.

N.K H. 2016. Mastering Digital Transformation. Bingley: Emerald Group Publishing Limited.

Parry E, Strohmeier S. 2014. HRM in the digital age – digital changes and challenges of the HR profession. Empl. Relations 36.

Pratiwi EW, Hartono B. 2021. Analisa Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia pada PD. BPR Bank BAPAS 69 Kabupaten Magelang. Cap. J. Ekon. dan Bisnis 4: 1–11.

Rimon G. 2017. Six surprising truths about how digital transformation will change HR. Strateg. HR Rev. 16: 102–104.

Solis B. 2017. The Six Stages of Digital Transformation Maturity. Altim. Gr.: 1–29.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Tatiana Bondarouk, Ruel H, Parry E. 2017. Electronic HRM in the Smart Era. Bingley: Emerald Group Publishing Limited.

Aranda A, Alwie A, Fitri K. 2017. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Pada Perawat Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. J. Online Mhs. Fak. Ekon. Univ. Riau 4: 1045–1059.

Batjalery S. 2019. Analisa Bauran Pemasaran (7P) Untuk Menentukan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Home Industry CV Mel. J. Progresif Manaj. Bisnis VI: 2354–5682.

Fitri F, Sari K. 2011. Pengaruh Faktor Personal , Faktor Organisasional Dan Faktor Non Organisasi Terhadap Komitmen Organisasional (Studi Pada Pegawai Bagian Produksi PT . Kubota Indonesia) The Influence Of Personal Factor, Organizational Factor And Non nal Factor To Organiz. 2011: 1–22.

Giovanni J. 2014. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Karyawan PT . Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 6 Yogyakarta dengan Kepuasan Kerja , Komitmen , dan Work Engagement sebagai Variabel Pemediasi.

Aulawi, H., Yanti, E. R., Nurhamidah, F. S., Suryani, A. T., Prastiwi, T. D., Fitriani, D., ... & Mikkael, R. H. (2021). Berbisnis ala milenial (Kompetensi Bisnis Memasuki era Society 5.0).

Istiqomah NF. 2016. Hubungan Mutu Pelayanan terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Inap di Puskesmas II Tambak Kabupaten Banyumas 2015. Under Graduates Thesis Universitas Negeri Semarang.

Prabowo PAS, Nurdhiana. 2012. Pengaruh Kemampuan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Akunting Pada Kantor Konsultan Pajak Pakar Penata Usaha Periode 2012 The Influence Of Ability And Motivation Accounting Employee Performance At Tax Consultant Firm Pakar Penata Usaha Period 2012. 84–98.

Mikkael, R. H. (2020). Penerapan Gaya Kepemimpinan Transformasional Di Era Industri 4.0 Pada Kementrian BUMN. In Prosiding Seminar Nasional STIE Ganesha: Transformational Leadership Management Dalam Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Maju Di Era (Vol. 4, pp. 57-70).

Nurbaiti, Y., & Napitupulu, R. H. M. (2020). Pengadministrasian Job Description Karyawan Menggunakan Aplikasi HCIS (Human Capital Information System) Di PERUM PERUMNAS. JURNAL MAHASISWA BINA INSANI, 5(1), 73-85.

Pradana, Sunuharyo H. 2013. Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Gaya Kepemimpinan Transaksional terhadap Kinerja Karyawan. J. Ekon. dan Bisnis 4: 1–10.

Napitupulu, R. H. M. (2020). The Relationship Between Education, Training, and Civil Servant Lecturers Competency. Journal of Business and Management Review, 1(2), 121-132.

Utomo KP, Supriyanto. 2020. Pengaruh Layanan Kualitas dan Budaya Kerja Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kecamatan Bekasi Utara. Jurnal Ekonomi Manajemen. 6 (1): 55–66.

VARDARLIER P. 2019. Digital Transformation of Human Resource Management: Digital Applications and Strategic Tools in HRM. Springer.

Winasis S, Riyanto S. 2020. Transformasi Digital di Industri Perbankan Indonesia: Impak pada Stress Kerja Karyawan. IQTISHADIA J. Ekon. dan Perbank. Syariah 7: 55–64.
Published
2021-06-30
How to Cite
HARTONO, Budi; ATMAJA, Hanung Eka. SDM Digital: Strategi Tranformasi Bank Menjadi Bank Digital. JURNAL ADMINISTRASI KANTOR, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 49-60, june 2021. ISSN 2527-9769. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAK/article/view/1481>. Date accessed: 08 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.51211/jak.v9i1.1481.