Pengendalian Kualitas Produk Dengan Menggunakan Metode Statistical Process Control

ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK PADA PT.ADHIMIX RMC INDONESIA DENGAN METODE STATISTICAL PROCESS CONTROL (SPC)

  • Miftakul Huda Manajemen; Universitas Pelita Bangsa
  • Wiji Safitri Manajemen; Universitas Pelita Bangsa
  • Nani Hartati Manajemen; Universitas Pelita Bangsa

Abstract

Penting bagi perusahaan untuk mempertahankan dan memperbaiki kualitas produksinya dengan cara menerapkan pengendalian kualitas produksi yang tepat dan optimal, agar kualitas produk semakin meningkat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beton siap pakai yang dikirim oleh PT.Adhimix RMC Indonesia pada proyek Transmart Bekasi sudahkah sesuai dengan spesifikasi teknis.Penelitian ini menggunakan sampel benda uji  sebanyak 50 buah dimana 2 buah benda uji yang berpasangan berasal dari 25 adukan (truck mixer) yang berbeda, sehingga satu nilai uji tekan merupakan rata-rata kuat tekan 2 buah benda uji yang berpasangan. Perawatan benda uji dilakukan di laboratorium teknik adhimix dan pengujian dilakukan pada umur 28 hari.Hasil penelitian ini terbukti dengan uji tekan benda uji  menggunakan alat tes kuat tekan DHR 2000 dan hasil kuat tekan dianalisis dengan salah satu  alat bantu Statistical Process Control(SPC),yaitu metode peta kendali (Control Chart). Berdasarkan grafik peta kendali X dan R diketahui bahwa hasil uji sampel benda uji seluruhnya berada dalam batas kendali yang ditetapkan , Sehingga bisa dinyatakan bahwa kualitas produk beton siap pakai (readymix)yang dikirimkan ke proyek transmart bekasi terkendali atau tidak terjadi penyimpangan ( selalu konsiten ).Diketahui bahwa tidak ada satupun hasil uji tes sampel benda uji yang merupakan rata-rata dari 3 pasangan benda uji yang nilainya kurang dari 26,5 MPa. Sehingga produk beton siap pakai  pada Adhimix RMC Indonesia di Plant Bekasi Timur yang dikirimkan pada proyek  transmart bekasi dikategorikan telah memenuhi syarat sesuai spesifikasi teknis

References

Assauri S. 2008. Manajemen Operasi dan Produksi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Cyrilla R. 2012. Pengendalian Kualitas Produk Cacat dengan Pendekatan Kaizen dan Analisis masalah dengan Seven tools. Pros. Semin. Nas. Apl. sains dan Teknol.

Handayanto RT, Hirunpongchai A, Teng B, Saengmanee K, Khangkhun N. 2015. Suitability Analysis for Rice Production in Sakon Nakhon Province. JREC (Journal Electr. Electron. 2: 21–33.

Heizer R. 2014. Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Irwan; Haryono D. 2015. Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Teoritis dan Aplikatif). Hadis abdul; N, editor. Bandung: Alfabeta.

Montgomery D. 2001. Introduction to Statistical Quality Control, 4Editione. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Pambudy AP. 2017. Pengaruh Pengendalian Produksi Terhadap Kegagalan Produk Songkok Pada Ud. Cahaya Bintang Pandantoyo Kalitengah Kabupaten Lamongan. J. Ekbis 17: 12.

Prawirosentono S. 2007. Manajemen Operasi, Edisi 4. Jakarta: BumiAksara.

Riduwan. 2007. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rustandi I. 2012. Aplikasi Statistical Process Control (SPC) dalam Pengendalian Variabilitas Kuat Tekan Beton. J. Teodolita 14.

Aulawi, H., Yanti, E. R., Nurhamidah, F. S., Suryani, A. T., Prastiwi, T. D., Fitriani, D., Listiana, N. P., & Mikkael, R. H. (2021). Berbisnis ala milenial (Kompetensi Bisnis Memasuki era Society 5.0). Bina Insani Press.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Usman, Kristanto; Widyawati R. 2011. Pengendalian Mutu Beton Ready Mix pada Batching Plant Dengan menggunakan Statistical Quality Control. J. Rekayasa 15.
Published
2021-12-24
How to Cite
HUDA, Miftakul; SAFITRI, Wiji; HARTATI, Nani. Pengendalian Kualitas Produk Dengan Menggunakan Metode Statistical Process Control. JURNAL ADMINISTRASI KANTOR, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 173-182, dec. 2021. ISSN 2527-9769. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAK/article/view/1593>. Date accessed: 08 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.51211/jak.v9i2.1593.