Analisis Peranan Budaya Organisasi dan Disiplin Kerja Terhadap Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan

  • Dedy Syahyuni Universitas Bina Sarana Informatika

Abstract

ABSTRAK Di dalam setiap perusahaan atau organisasi pasti ada warna atau pembeda yang membuat organisasi atau perusahaan tersebut terlihat unik bila dilihat dan dibandingkan dengan organisasi atau perusahaan lain. Hal ini terbentuk dari bagaimana pimpinan puncak dan pendiri organisasi membuat keputusan sejak dari awal organisasi atau perusahaan tersebut di didirikan, hal ini disebut dengan budaya organisasi. Budaya organisasi membentuk karakter dan pola pikir dari para karyawan di dalam organisasi atau perusahaan tersebut. Budaya yang baik akan membentuk kinerja karyawan yang baik dan bersinergi dalam setap pekerjaan dan hubungan yang baik antara satu karyawan dengan karywan yang lain dan begitu pula bila terjadi sebaliknya. Oleh karena itu budaya organisasi adalah hal yang patut di perhatikan oleh manajemen sumber daya manusia dalam upaya peningkatan kinerja.Selain dari itu budaya organisasi juga mempengaruhi peningkatan disiplin kerja karyawan, dan secara langsung atau tidak langsung disiplin kerja juga mempengaruhi kinerja karyawan. Jadi dapat dilihat bahwa budaya organisasi dan disiplin kerja merupakan dua hal yang berpengaruh pada upaya peningkatan kinerja. Tulisan ini mencoba memaparkan bagaimana hubungan ketiga variabel tersebut dalam sebuah perusahaan dimana yang menjadi respomden berjumlah 40 orang dan metode yang dipakai adalah metode kuantitatif dan dalam perhitungan menggunakan bantuan aplikasi SPSS dengan  tingkat kesalahan adalah 5 %.

References

Amran & Tarmizi T. 2021. ANALISIS PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. PLN PERSERO AREA MUARA BUNGO. J. Manaj. Sains 1.
Fahmi I. 2016. Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta.
Hasibuan M. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Ibrahim M& E. 2020. PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN DISIPLIN KERJA TERHA DAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR DESA TIMORENG PANUA KECAMATAN PANCA RIJANG KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. Praja 8.
Mangkunegara AP. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pramularso EY. 2017. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Cipta Hotel Pancoran Jakarta Selatan. Widya Cipta - J. Sekr. dan Manaj. 1: 171–178.
Pudjiati & Fatimatul. Khabibah. 2020. PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, DISIPLIN KERJA, DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT PLN(PERSERO) UP3 BALIKPAPAN. J. GeoEkonomi 11.
Robbins, Stephen P & Judge TA. 2017. Perilaku Organisasi, 16e. jakarta: Salemba Empat.
Sutrisno E. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, 8e. Jakarta: Kencana.
Syahyuni D. 2020. Analisa Hubungan Antara Disiplin Kerja, Budaya Organisasi Dengan Kinerja Karyawan Dalam Perusahaan. Ecodemica 4.
Published
2022-06-30
How to Cite
SYAHYUNI, Dedy. Analisis Peranan Budaya Organisasi dan Disiplin Kerja Terhadap Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan. JURNAL ADMINISTRASI KANTOR, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 12-22, june 2022. ISSN 2527-9769. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAK/article/view/1749>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.51211/jak.v10i1.1749.