Faktor Persepsi Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Tempat Kuliah (Studi Kasus Perguruan Tinggi Bina Insani Bekasi)

  • Isyana Rahayu

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan, mengetahui dan memahami apakah e-marketing dapat mempengaruhi perilaku belanja konsumen. Data penelitian diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner pada mahasiswa Bina Insani sebanyak 45 orang responden. Jenis penelitian adalah statistik deskriptif dengan pendekatan asosiatif. Metode analisis penelitian ini dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji normalitas pada kuesioner yang telah disebarkan. Kemudian hasil kuesioner di analisis dengan Uji T dan Uji F. Pengolahan data dilakukan dengan program SPSS 16.0 (Statistical Package for the Sosial Science). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 2 faktor persepsi yang memengaruhi terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih Bina Insani sebagai tempat kuliah. Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa secara simultan model regresi berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa. Berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa secara parsial pelayanan dan kenyamanan berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa. Kata kunci: Bina Insani, keputusan konsumen, mahasiswa, persepsi, tempat kuliah. Abstract: This study aims to describe, know and understand whether e-marketing can influence consumers shopping behavior. Data were obtained through questionnaires distributed to 45 respondents of Bina Insani students. This study is a descriptive statistics research with associative approach. Methods of analysis used are the validity test, reliability test, and normality test of the questionnaires distributed. The results of the questionnaires were analyzed using t and F tests. Data processing was performed with SPSS 16.0 (Statistical Package for the Social Science). The study found that there are two perception factors that influenced students’ decision in choosing Bina Insani as their place of study. Based on the results of F test, it is found that simultaneously the regression model fluenced the students’ decission. Based on t test result it is known that service and confort has partially affected their decision. Keywords: Bina Insani, college, consumers decision, perception, student.

References

Engel, James FR, Blackwell, Paul M. 1994. Prilaku Konsumen .Ed ke-6. Editor. Jakarta (ID): PT. Binarupa Aksara.

Kotler P. 2006. Principles of Marketing. 10th ed. New Jersey (US): Prentice Hall Upper Sadle River.

Kotler P, Keller KL 2012. Marketing Management. Ed ke-14. New Jersey (US): Prentice Hall.

Lita RP. 2010. Pengaruh implementasi bauran pemasaran jasa terhadap proses keputusan wisatawan mengunjungi obyek wisata di kota padang. Jurnal Doktor Ilmu Manajemen Universitas Andalas. 2(2): 91-99.

Lupiyoadi, Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Ed ke-2. Jakarta (ID): Salemba Empat.

Padmono. 2011. Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa kuliah diploma tiga Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Akuntansi Manajemen Biisnis dan Sektor Publik (JAMBSP). 7(3): 293-311.

Payne A. 2001. The Essence of Service Marketing. Editor. Yogyakarta (ID): Andi Offset.

Schiffman, Leslie LG, Kanuk L. 2004. Perilaku Konsumen. Editor. Ed ke-7. Jakarta (ID): PT. Indeks Gramedia.

Sumarwan U. 2011. Perilaku Konsumen. Bogor (ID): Ghalia Indonesia.

Tjiptono F, Gregorius C. 2012. Pemasaran Strategik. Ed ke-2. Yogyakarta (ID): Andi Offset.
Published
2016-12-01
How to Cite
RAHAYU, Isyana. Faktor Persepsi Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Tempat Kuliah (Studi Kasus Perguruan Tinggi Bina Insani Bekasi). JURNAL ADMINISTRASI KANTOR, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 265-288, dec. 2016. ISSN 2527-9769. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAK/article/view/190>. Date accessed: 08 sep. 2024.