Perbandingan Hasil Belajar Antara Mahasiswa Yang Bekerja Dengan Yang Tidak Bekerja Pada Matakuliah Ekonomi Mikro di STIE YPBI Jakarta

  • Agus Jamaludin

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan hasil belajar antara mahasiswa yang bekerja dengan yang tidak bekerja pada matakuliah Ekonomi Mikro di STIE YPBI Jakarta.Dasar teori yang dipakai adalah teori Thursan Hakimmengemukakan bahwa belajar adalah suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk kepribadian manusia dan perubahan tersebut ditampakkan dalam peningkatan kualitas dan pengetahuan seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, ketrampilan, daya pikir dll .Sedangkan hasil belajar menurut Winkel adalah keberhasilan yang telah tercapai oleh seseorang.Pengertian bekerja secara sempit yaiitu melakukan suatu kegiatan untuk menghasilkan sesuatu berupa uang.Sedangkan pengertian yang tidak bekerja yaitu tidak melakukan kegiatan yang menghasilkan uang.Metode penelitian yaitu expos facto.Tehnik pengumpulan data yaitu nilai mahasiswa reguler dan ektensi matakuliah Ekonomi MIkro baik berupa nilai tugas mahaiswa dan nilai UAS mahasiswa sebanyak 20 orang yang bekerja dan 20 orang yang tidak bekerja.Tehnik analisa data mempergunakan varian kedua kelompok dan uji t, dengan taraf kepercayaan 95 % atau standar errornya 5 %.Adapun hasilnya yaitu tugas mahasiswa variannya 67471,45 dan t hitungnya 0,085 dan t tabelnya 2,101.Sedangkan hasil belajar mahasiswa variannya 67843,81, t hitungnya 0,139 dan t tabelnya 2,101.Dari analisis data bahwa hipotesis : ada perbedaan yang signifikan antara mahasiswa yang bekerja dengan yang tidak bekerja baik tugas dan hasil belajar (UAS) tidak diterima atau HO = 0 diterima dan Ha ≠ 0 ditolak yang artinya tidak ada perbandingan hasil belajar antara mahasiswa yang bekerja dengan yang tidak bekerja pada matakuliah Ekonomi Mikro, artinya keberhasilan belajar mahasiswa tergantung motivasi belajar mahasiswanya, dengan signifikansi 0,05 dimana t hitung < t tabel

Kata kunci : Ekonomi mikro, hasil belajar, mahasiswa bekerja, mahasiswa tidak bekerja.

Abstract: This study aims to determine how the comparison of learning outcomes of the students who worked with that did not work on the subjects of Microeconomics in STIE YPBI Jakarta. Basic theory used is the theory Thursan Judge suggests that learning is a process of change in the human personality and the changes will be shown in the form of the human personality and the changes revealed in quality improvement and knowledge such as improving the efficiency, pengetahua, attitudes, habits, understanding, skills, piikir power etc .Sedangkan learning outcomes according to Winkel is a success that has been achieved by working narrowly seseorang.Pengertian yaiitu do an activity to produce something in the form of uang.Sedangkan sense that it does not work that does not engage in activities that make money. The research method that expos facto.Tehnik data collection that regular student grades and extension courses in the form of micro-economic value and the value of the task mahaiswa UAS student who worked as many as 20 people and 20 people who did not bekerja.Tehnik variant data analysis using both the group and the t test, with a 95% confidence level or standard error of 5%. The result is the duty of students variants 67471.45 and t counted 0,085 and t table 2,101.Sedangkan student results 67843.81 variants, counted 0,139 t and t table 2,101.Dari data analysis that hypothesis: there is a significant difference between students who work with that did not work either task, and learning outcomes (UAS) are not accepted or HO = 0 is accepted and Ha ≠ 0 rejected, which means there is no comparison of the learning outcomes of the students who worked with who did not work on the course Microeconomics, meaning that the success of student learning depends on the motivation to learn students, with 0.05 where t

References

Halim T. 2000. Belajar Secara Efektif. Jakarta, Puspa Swara.
Akhmad. 2014. Ekonomi Mikro. Yogyakarta. CV Andi Offset
Mei C, Amalia F. 2012. Ekonomi Mikro. Jakarta. Unindra Press.
Published
2016-06-01
How to Cite
JAMALUDIN, Agus. Perbandingan Hasil Belajar Antara Mahasiswa Yang Bekerja Dengan Yang Tidak Bekerja Pada Matakuliah Ekonomi Mikro di STIE YPBI Jakarta. JURNAL ADMINISTRASI KANTOR, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 198 - 210, june 2016. ISSN 2527-9769. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAK/article/view/21>. Date accessed: 08 sep. 2024.