Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di PT Ferron Par Pharmaceuticals Bekasi

  • Nita Fridayanti
  • Rono Kusumasmoro

Abstract

Abstrak: Sumber daya manusia adalah salah satu aset utama yang berfungsi sebagai penggerak operasional perusahaan untuk mencapai efisiensi dan produktifitas yang tinggi. Penelitian ini adalah tentang Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja di PT Ferron Par Pharmaceuticals, Bekasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di perusahaan tersebut. PT Ferron Par Pharmaceuticals adalah perusahaan yang bergerak di industry farmasi yang berkembang sangat pesat, yang menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dalam proses produksinya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara-cara : observasi atau mengamati secara langsung kegiatan yang berhubungan dengan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja, wawancara atau mengajukan pertanyaan kepada staff yang berhubungan langsung dengan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja dan studi pustaka, yaitu mempelajari dan mengumpulkan data serta informasi melalui beberapa buku dan sumber lain. Sedangkan teknik analisisnya dilakukan secara deskriptif dengan cara membandingkan hasil penelitian mengenai pelaksanaan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja dengan teori-teori yang didapatkan dari studi pustaka. Dari penelitian ini bisa disimpulkan bahwa fungsi dan manfaat penerapan K3 mencakup semua aspek yang dinyatakan dalam teori. Demikian juga dengan langkah-langkah penerapan K3, PT Ferron melakukan seluruh tahap penerapannya dengan lengkap.

Kata kunci : Analisis deskriptif, K3, industri farmasi , penerapan.

Abstract: Human resources is one of important assets functions as a mover of company’s operation to obtain high efficiency as well as high productivity. The objective of this research is to find out the application of Occupational Health and Safety (OHS) in PT Ferron Par Pharmaceutical (Ferron), Bekasi. Ferron is a very fast growing company dealing with pharmaceutical industry, which applies OHS in its production process .Method of data collection performed with the ways of : observing directly the activities applying OHS; interviewing or asking staffs questions; and reviewing literature. While descriptive analysis is used by matching the result of the research and theories in the literature. The analysis concludes that functions and benefits of applying OHS cover all aspects and steps in the theories completely.

Keywords: Application, descriptive analysis, occupational health and safety (OHS), pharmaceutical industry.

References

Arep I, Tanjung H. 2004. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Universitas Trisakti.
Dessler G. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.
Hartatik, IP. 2014. Buku Praktis Mengembangkan SDM. Yogyakarta: Laksana.
Konradus D. 2006. Keselamatan Kesehatan Kerja Membangun SDM Pekerja Sehat, Produktif dan Kompetitif. Jakarta: Litbang Danggur & Partners.
Ranupandojo H, Husnan S. 1994. Manajemen Personalia. Yogyakarta: BPFE-Yogykarta.
Suardi, Rudi. 2005. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: PPM.
Saydam G. 1996. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Toko
Gunung Agung.
Sedarmayanti. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Graha Ilmu.
Published
2016-06-01
How to Cite
FRIDAYANTI, Nita; KUSUMASMORO, Rono. Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di PT Ferron Par Pharmaceuticals Bekasi. JURNAL ADMINISTRASI KANTOR, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 211 - 234, june 2016. ISSN 2527-9769. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAK/article/view/22>. Date accessed: 08 sep. 2024.