Perilaku Brand Switching Konsumen Dalam Pembelian Produk Kartu SIM HP CDMA

  • Andrie Kurniawan

Abstract

Abstrak: Dalam penelitian ini penulis ingin membuktikan lebih lanjut bagaimana hasil hipotesa serta implikasinya atas hasil hipotesa yang telah dilakukan sebelumnya, yaitu analisa prilaku brand Switching konsumen Dalam Pembelian Produk SIM Card HP CDMA: dengan mereplikasi penelitian yang lalu, dengan variabel ukuran, objek, ruang, waktu, serta sampel yang berbeda. Model penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah model pembentukan ukuran himpunan pertimbangan. Jumlah responden atau sampel yang diambil untuk diteliti ditetapkan jumlahnya sebesar 120 orang responden. Penentuan jumlah sample ini didasarkan pada ketentuan yang terdapat pada analisa data dengan menggunakan permodelan SEM (Structure Equation Modelling) dimana dipersyaratkan tentang jumlah sample minimal sebesar 100 dan selanjutnya menggunakan perbandingan 5 observasi untuk setiap parameter yang diestimasi (Ferdinand, 2005). Hasil penelitian ini mensimpulkan bahwa Pengaruh prior experience terhadap media search dalam penelitian ini berbeda tanda positif/negatif dengan hipotesisnya dan berbeda dengan hasil penelitian sebelumnya, Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa banyaknya pengalaman yang lalu berpengaruh signifikan positif terhadap pengetahuan produk, sesuai dengan H1. Pengalaman sebelumnya dan pengetahuan produk berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan, sesuai dengan H2 dan H3. Pengetahuan produk dan kepuasan berpengaruh signifikan negatif terhadap tingkat pencarian media, sesuai H5 tetapi tidak sesuai dengan H4. Tingkat kepuasan juga berpengaruh signifikan negatif terhadap banyaknya merek yang dipertimbangkan dan perilaku beralih, sesuai H6 dan H7. Tingkat pencarian media berpengaruh signifikan positif terhadap banyaknya merek yang ikut dipertimbangkan sebelum membeli SIM CARD CDMA, sesuai dengan H8. Banyaknya merek yang dipertimbangkan konsumen berpengaruh signifikan positif terhadap tingkat pencarian retail dan perilaku beralih, sesuai dengan H9 dan H10. Yang terakhir, tingkat pencarian retail berpengaruh signifikan positif terhadap perilaku beralih, sesuai H11.

Kata kunci: Analisis perilaku, CDMA, kartu SIM, konsumen, perpindahan merek.

Abstract: In this study the authors wanted to prove further how the hypothesis and its implications on the results of the hypotheses that have been done before, that analyzes consumer behavior in Purchasing Switching brand products HP CDMA SIM Card: by replicating the study ago, with variable size, objects, space , time, and different samples. The research model used in this study is a model of the formation of the size of the set of considerations (Consideration set -size models). The number of respondents or samples taken for examination determined the amount of 120 respondents. Determination of the number of samples is based on the provisions contained in data analysis using SEM modeling (Structure Equation Modelling) where required on a minimum sample size of 100 and then using a ratio of 5 observations for each parameter to be estimated (Ferdinand, 2005). The results of this study mensimpulkan that Influence prior media experience on different search in this study marks a positive / negative with hypotheses and different from the results of previous studies, the results of hypothesis testing showed that many experience positive and significant effect on product knowledge, according to the H1. Previous experience and knowledge of the products significantly positive effect on satisfaction, in accordance with the H2 and H3. Product knowledge and satisfaction significant negative effect on the level of media search, according H5 but not in accordance with the H4. Satisfaction is also significant negative effect on the number of brands considered and switching behavior, according H6 and H7. The level of media search positive significant effect on the number of brands being considered before buying a CDMA SIM CARD, according to H8. Many brands that consumers consider positive significant effect on the level of retail searching and switching behavior, in accordance with the H9 and H10. Lastly, the level of retail searches a positive significant effect on the behavior of the switch, according H11.

Keyword: Behavior analysis, CDMA, SIM Card, consumers, swithcning cost.
Published
2016-06-01
How to Cite
KURNIAWAN, Andrie. Perilaku Brand Switching Konsumen Dalam Pembelian Produk Kartu SIM HP CDMA. JURNAL ADMINISTRASI KANTOR, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 235 - 264, june 2016. ISSN 2527-9769. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAK/article/view/23>. Date accessed: 08 sep. 2024.