ETIKA PROFESI SEKRETARIS YANG BERLANDASKAN PANCASILA

  • Selfiana Selfiana

Abstract

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia adalah lima asas yang menjadi pedoman berbangsa dan bernegara di Indonesia. Kelima sila tersebut perlu dihayati dan diamalkan oleh seluruh warganegara Indonesia tak terkecuali profesi sekretaris. Sekretaris yang beretika adalah sekretaris yang menjunjung tinggi nilai nilai kejujuran, kesetiaan, tanggungjawab dan dedikasi. Dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya, sekretaris berpedoman pada kode etik sekretaris yang dibuat oleh Ikatan Sekretaris Indonesia. Sepatutnyalah bahwa sekretaris merupakan individu yang pancasilais yaitu sekretaris yang dalam menjalankan tugas dan kewajibannya mengimplementasian kelima sila Pancasila. Seorang sekretaris harus meyakini dan memiliki komitmen kepada Tuhan untuk mewujudkan perilaku yang sesuai dengan perintah Tuhan. Sekretaris diharapkan mampu bekerjasama dengan orang lain serta memelihara dan mengembangkan hubungan dengan mengkedepankan prinsip prinsip kemanusiaan. Melayani dengan hati dan mengkedepankan pelayanan prima. Sekretaris perlu memiliki sifat rela berkorban, sigap dan pekerja keras dan mampu menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu sesuai standard yang sudah ditetapkan di tempat ia bekerja dan memiliki kesadaran untuk melakukan perbaikan kualitas diri dan peningkatan ketrampilan dengan selalu mengikuti pelatihan untuk peningkatan kompetensi profesinya. Sekretaris harus dapat menerima sebuah hasil keputusan musyawarah dan melaksanakan dengan tanggungjawab serta dituntut untuk menumbuhkan sikap saling percaya terhadap orang lain. Filosofi sekretaris adalah mengkedepankan perbuatan baik, menghindari perbuatan curang, menipu, memanipulasi data, dan berbohong. Sekretaris dewasa ini kurang menghayati dan mengamalkan filsafat serta pandangan moral Pancasila dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya. Sudah seharusnya bekerja dan berprofesi sebagai sekretaris dapat dijadikan sebagai way of life yang dapat memberikan kepuasan bathin.

References

Bertens K. 2011. Etika. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
------------. 2013. Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta : Kanisius.
Gemilang J. 2013. Jangan Jadi Sekretaris Sebelum Baca Buku Ini. Yogyakarta : Araska.
Jurnal Administrasi Kantor Vol. 2 No 2 Agustus 2014 ISSN:2337-6690 Page 389.
Kaelan. 2000. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta : Penerbit Paradigma.
Priansa Donni Juni. 2014. Kesekretarisan Profesional Berkompeten Cerdas Terampil Melayani. Bandung : Alfabeta.
Purnami Rahayu S. Sikap Positif Kunci Sukses dalam Berkarier. 2014. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Team Dokumentasi Presiden R.I. 2003. Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983. Jakarta : PT Citra Kharisma Bunda.
Srijanti, A; Rahman H.I.; Purwanto S. K. 2007. Etika berwarganegara, Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Jakarta : Salemba Empat.
http://accounting.feb.ub.ac.id/wp-content/uploads/2012/04/Pidato-Pengukuhan-Guru-Besar-Unti-Ludigdo.pdf
http://www.scribd.com/doc/28801142/Filsafat-Pancasila-Sebagai-Dasar-Etika-Dan-Pembentukannya-Dengan-Nilai-Nilai-Pancasila Di-Indonesia#scribd
Published
2014-08-01
How to Cite
SELFIANA, Selfiana. ETIKA PROFESI SEKRETARIS YANG BERLANDASKAN PANCASILA. JURNAL ADMINISTRASI KANTOR, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 378-389, aug. 2014. ISSN 2527-9769. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAK/article/view/242>. Date accessed: 08 sep. 2024.