STRATEGI KOMUNIKASI KORPORASI PT TIRTA INVESTAMA DALAM PENANGANAN KECAMUK MIZONE

  • Sudrajat Nasution

Abstract

Perang adalah kata yang tepat untuk menggambarkan persaingan antar pemegang merk minuman isotonik. Mizone sebagai minuman isotonik diterpa isu yang dapat mengakibatkan penyakit Lupus atau Systemic Lupus Erythematosus. Sebab yang paling digaris bawahi adalah penggunaan berlebih kandungan zat pengawet minuman yakni Natrium Benzoat dan Kalium Sorbat, dan Mizone hanya mencantumkan Natrium Benzoat. Tidak dicantumkannya Kalium Sorbat menyebabkan Mizone harus menarik seluruh produknya di pasaran dalam waktu 2 minggu. Hal ini bukan saja merugikan secara materil juga moril, dengan “jatuhnya†merk minuman isotonik Mizone. Upaya korporasi untuk melakukan recovery merk Mizone agar tetap bertengger setidaknya pada peringkat dua minuman isotonik, menjadi kajian analisis tulisan ini. Berbagai upaya telah dilakukan, khususnya bagaimana produsen Mizone, PT Tirta Investama, merangkul media massa untuk menyampaikan ketidak-benaran isu tentang penyakit Lupus serta penggantian isi pada kemasan yang harus mencantumkan bahan pengawet secara utuh. Selain itu Mizone melakukan pendekatan secara langsung pada segmen yang dibidik dengan berbagai upaya. Perubahan yang kentara adalah pada isi kemasan selain pencatuman bahan pengawet secara lengkap adalah Mizone tidak lagi mengklain sebagai minuman isotonik. Mizone memfokuskan diri sebagai minuman ber Vitamin dengan Rasa Unik yang dapat mengganti cairan tubuh yang hilang. Pendekatan ini menekankan pada pendekatan manfaat atau fungsi.

References

Alifahmi, Hifni. 2008. Marketing Communication Orchestra. Examidia. Bandung.
Ardianto, Elvinaro. 2009. Public Relations Praktis. Widya Padjadjaran. Bandung.
Argenti, Paul A. 2010.Komunikasi Korporat. Salemba Humanika. Jakarta.
Brannan, Tom. 2004. Integrated Marketing Communication. PPm. Jakarta.
Fitriana, L.R, Resmi Sito. 2009. Analisis Kandungan Bahan Pengawet Dalam Produk-Produk Minuman Kemasan Yang Ada Di Pasaran Untuk Menjaga Keamanan Pangan Masyarakat, Makalah Penelitian. Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang.
http://opique.wordpress.com/2006/12/05/
http://www.antaranews.com
http://antipengawet.blogspot.com/2007/12/minuman-isotonik-bohongi-publik-2_10.html
http://news.detik.com/
http://www.tempo.co/
Suara Merdeka.com
Published
2015-08-01
How to Cite
NASUTION, Sudrajat. STRATEGI KOMUNIKASI KORPORASI PT TIRTA INVESTAMA DALAM PENANGANAN KECAMUK MIZONE. JURNAL ADMINISTRASI KANTOR, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 503-524, aug. 2015. ISSN 2527-9769. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAK/article/view/245>. Date accessed: 08 sep. 2024.

Keywords

Minuman Isotonik, Natrium Benzoat, Kalium Sorbat, Pendekatan Manfaat.