Penerapan Motivasi Karyawan Menurut Teori Dua Faktor Frederick Herzberg Pada PT Aristika Kreasi Mandiri

  • Maya Andriani Manajemen Administrasi; Akademi Sekretari dan Manajemen Bina Insani
  • Kristiana Widiawati Sekretari; Akademi Sekretari dan Manajemen Bina Insani

Abstract

Abstrak: Karyawan merupakan sumber daya manusia yang penting untuk perusahaan karena memiliki peran sebagai potensi penggerak seluruh aktivitas perusahaan. Perusahaan yang memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dapat dengan mudah mengintergrasikan visi perusahaan dengan tujuan perusahaan kepada karyawannya sehingga pencapaian tujuan perusahaan bisa tercapai. Karyawan selalu mengalami perubahan produktivitas kerja, membutuhkan dorongan untuk kinerja yang tepat dari perusahaan agar dapat bekerja dengan baik. Motivasi adalah salah satu topik yang sering diteliti dalam perilaku organisasi,motivasi adalah suatu kekuatan yang dihasilkan dari keinginan seseorang untuk memuaskan kebutuhannya. Karyawan memenuhi keinginannya yaitu dengan bekerja. Oleh karena itu tujuan  penelitian ini adalah mengetahui penerapan motivasi yang diberikan oleh perusahaan yaitu membandingkan teori dua faktor herzberg dengan fakta yang ada dilapangan meliputi gaji, kondisi kerja, kebijaksanaan dan administrasi perusahaan, hubungan antar pribadi,kualitas supervise, prestasi, penakuan, pekerjaan itu sendiri, tanggung jawab,dan pengembangan potensi individu.
 
Kata Kunci : Karyawan, Motivasi, Perilaku Manusia, Sumber daya manusia.
 
Abstract: Employees are the human resources that are important for the company because it has a role as a potential driver of all activities of the company. Companies who have qualified human resources can easily integrate with the company's vision to its employees so that the company's goal to achieve company goals can be achieved. Employees are always changing productivity of labor, need encouragement for the proper performance of the company in order to work properly. Motivation is one topic that is often observed in organizational behavior, motivation is a force resulting from a person's desire to satisfy their needs. Employees fulfill her wish is to work. Therefore the objective of this study was to determine the application of motivation given by the company is comparing the theory of two factors Herzberg to the facts in the field include salaries, work condition, company policy and administration, interpersonal relation, quality supervisisor, achievement, recognition, the work itself ,responsibility, and development of individual potential.
 
Keywords: Employee, Motivation, Organizational Behavior, Human Resources.

Author Biographies

Maya Andriani, Manajemen Administrasi; Akademi Sekretari dan Manajemen Bina Insani
Manajemen Administrasi; Akademi Sekretari dan Manajemen Bina Insani
Kristiana Widiawati, Sekretari; Akademi Sekretari dan Manajemen Bina Insani
Sekretari; Akademi Sekretari dan Manajemen Bina Insani

References

Luthan F. 2010. Perilaku Organisasi. Yogyakarta : Andi.Mangkunegara AP. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung :
PT Remaja Rosdakarya.Mardi. 2014. Sistem Informasi Akuntansi. Bogor : Ghalia Indonesia.Robbins SP, Mary C. 2010. Manajemen Edisi Kesepuluh jilid 2. Jakarta : ErlanggaRobbins SP, Timothy AJ. 2015. Perilaku Organisasi Edisi Kesepuluh Jakarta : Salemba
Mikkael, R. H. (2015). Studi Deskriptif Penerapan 5S (Seiri,Seiton,Seiketsu,dan Shitsuke) Dalam meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan. Jurnal Inkubator Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 29–45.
Empat.Siagian SP. 2012. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta : Rineka Cipta.Uno HB. 2010 Perencanaan Pembelajaran. Jakarta.Bumi Aksara.
Published
2017-06-01
How to Cite
ANDRIANI, Maya; WIDIAWATI, Kristiana. Penerapan Motivasi Karyawan Menurut Teori Dua Faktor Frederick Herzberg Pada PT Aristika Kreasi Mandiri. JURNAL ADMINISTRASI KANTOR, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 83 – 98, june 2017. ISSN 2527-9769. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAK/article/view/423>. Date accessed: 08 sep. 2024.