Prosedur Pelayanan Penerbitan Sertifikat Keahlian Pada Lembaga Sertifikasi Ahli Teknik Indonesia

  • Suparman Hi Lawu Manajemen Administrasi; ASM BSI Jakarta
  • Purnama Fitriyana Manajemen Administrasi; ASM BSI Jakarta

Abstract

Abstrak: Sistem otonomi daerah membuat besarnya minat para pengusaha jasa konstruksi ingin dapat bergabung dengan Asosiasi Profesi sebagai anggota atau rekanan, untuk mendapatkan proyek-proyek Pemerintah atau proyek Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di tiap-tiap Kota atau Kabupaten. Oleh karena itu, untuk memenuhi hal tersebut Lembaga Sertifikasi Perhimpunan Ahli Teknik Indonesia (LS-PATI) merupakan sarana pelayanan publik dalam membuat Sertifikat Keahlian (SKA) dan melakukan kegiatan sertifikasi keahlian untuk meningkatkan derajat ahli teknik Indonesia melalui kegiatan sertifikasi guna memiliki kepribadian dan moral pembangunan keteknikan, meningkatkan kemampuan, derajat dan kesejahteraan para ahli teknik melalui karyanya di bidang keteknikan. Metode penulisan yang penulis gunakan adalah metode kualitatif di mana penulis melakukan pengumpulaan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa SKA sebagai sebuah referensi yang diakui atas keahlian sebagai profesi dibidang ahli teknik orang perseorangan dibidang jasa konstruksi. Proses pelayanan penerbitan SKA dimulai dari memenuhi data persyaratan, verifikasi dan validasi berkas sampai selesai penerbitan sertifikat keahlian tersebut. Di dalam prosesnya LS-PATI juga mendapati beberapa faktor penghambat salah satu diantaranya kurangnya informasi di website, akan tetapi LS-PATI mempunyai cara dalam mengatasi kendala yaitu dengan pembaharuan sistem informasi di website.
 
Kata Kunci: Keahlian, Pelayanan, Sertifikat
 
Abstract: The regional autonomy system makes the interest of the construction service entrepreneurs to be able to join the Association of Professionals as members or partners, to obtain Government projects or Regional Budget (APBD) projects in each City or District. Therefore, to fulfill this condition, the Certification Institute of Indonesian Engineering Expert (LS-PATI) is a public service facility in making Certificate of Expertise (SKA) and conducts certification activities to improve the degree of Indonesian technical experts through certification activities in order to have the personality and moral development engineering, improving the ability, degree and welfare of the engineers through his work in the field of engineering. Writing methods that the authors use is a qualitative method in which the authors perform data gathering through observation, interview and documentation study. The results of this study illustrate that SKA as a recognized reference to the expertise as a profession in the field of individual engineering experts in the field of construction services. The service process of SKA issuance begins from meeting the data requirements, verification and validation of the file until the issuance of the certificate of expertise. In the process LS-PATI also found some inhibiting factors one of them lack of information on the website, but LS-PATI has a way to overcome the obstacles that is with updating the information system on the website.
 
Keywords: Expertise, Service, Certificate

Author Biographies

Suparman Hi Lawu, Manajemen Administrasi; ASM BSI Jakarta
Manajemen Administrasi; ASM BSI Jakarta
Purnama Fitriyana, Manajemen Administrasi; ASM BSI Jakarta
Manajemen Administrasi; ASM BSI Jakarta

References

Ariani D., Wahyu. 2009. Manajemen Operasi Jasa. Yogyakarta (ID): Graha Ilmu.

Belás J., Gabčová L. (2016). The relationship among customer satisfaction, loyalty and financial performance of commercial banks. E&M Economics and Management, 19 (1). dx.doi.org/10.15240/tul/001/2016-1-010.

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta (ID): Gava Media.

Kasmir. 2005. Etika Customer Service. Jakarta (ID): Raja Grafindo Persada.

LPJKN. 2013. Peraturan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional. Jakarta (ID): LPJKN.

Rahmayanty N. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta (ID): Graha Ilmu.

Ratminto., Atik SW. 2013. Manajemen Pelayanan. Cetakan Kesebelas. Yogyakarta (ID): Pustaka Pelajar.

Sinambela P. 2010. Refomasi Pelayanan Publik. Cet.5. Jakarta (ID): Bumi Aksara.

Yamit Z. 2013. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, Yogyakarta (ID): Ekonisia.
Published
2017-12-20
How to Cite
LAWU, Suparman Hi; FITRIYANA, Purnama. Prosedur Pelayanan Penerbitan Sertifikat Keahlian Pada Lembaga Sertifikasi Ahli Teknik Indonesia. JURNAL ADMINISTRASI KANTOR, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 173-184, dec. 2017. ISSN 2527-9769. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAK/article/view/653>. Date accessed: 08 sep. 2024.