Dampak Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas

  • Ratna Nur Ikhsani Akuntansi;Akademi Akuntansi Bina Insani
  • Indra Wijaya Akuntansi;Akademi Akuntansi Bina Insani

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan corporate social responsibility dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengungkapan corporate social responsibility yang diukur melalui GRI-G4 dan ukuran perusahaan yang dihitung melalui total aset. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah profitabilitas yang diukur dengan net profit margin. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 8 Perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI selama periode 2013-2016 yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa pengungkapan corporate social responsibility tidak memiliki pengaruh positif terhadap net profit margin dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif terhadap net profit margin. Hasil penelitian secara simultan membuktikan bahwa corporate social responsibility dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif terhadap net profit margin.
 
Kata Kunci: corporate social responsibility, net profit margin,  ukuran perusahaan
 
Abstract: The research purposed to know the influence of corporate social responsibility disclosure and firm size on profitability. The independent variable in this study is corporate social responsibility disclosure measured through GRI-G4 and firm size calculated through total assets. Dependent variable in this research is profitability measured by net profit margin. The sample in this research consists of 8 state-owned companies listed on the BEI during the period 2013-2016 selected by using purposive sampling method. The method of analysis in this study is multiple linear regression analysis. Partial research results show that corporate social responsibility disclosure does not have a positive effect on net profit margin and firm size has a positive influence on net profit margin. The results simultaneously prove that corporate social responsibility and firm size have a positive influence on net profit margin.
 
Keywords: corporate social responsibility, firm size, net profit margin

References

Dalina. 2015. Analisis Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan BUMN
yang Terdaftar BEI Periode 2013. Jurnal Ekonomi.

Ghozali I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang:
Badan Penerbit-Universitas Diponegoro.

Hidayati N. 2014. Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap
Profitabilitas Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang
Terdaftar di BEI. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Mallik Ibrahim Malang

Isbanah, Y. 2016. Pengaruh ESOP, Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja
Keuangan Perusahaan di BEI”. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen. Vol 15.No 1. Hal
28-41.

Iskandar. 2016. Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas
Perusahaan. Jurnal Ekonomi. No 1 Volume 18.

Kusumaningrum TM. 2017. Pengaruh Environmental Performance dan Size Terhadap Net Profit



Margin dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Intervening pada
Perusahaan Manufaktur yang Terftar di BEI Tahun 2013-2015. Jurnal Bisnis dan
Manajemen.Vol.9, No.2. April 2017.
Mikkael, R. H. (2017). ANALISIS PENERAPAN E-FAKTUR DAN KETEPATAN WAKTU PELAPORAN TERHADAP EFEKTIVITAS PERPAJAKAN PT. INTERNASIONAL SUKSES ABADI. PUBLIK, 13(1), 29-42.

Mustafa CC, Handayani N. 2014. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility
(CSR) terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur. Jurnal Ilmu dan Riset
Akuntansi.Vol.3, No.6.

Pryanka F. 2013. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap
Profitabilitas (Studi Kasus Pada Perusahaan High Profil yang terdaftar di Bursa Efek
Indoneia tahun 2009-2011). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Putri WW, Eprillison V dan Nona S .2016. Pengaruh Perputaran Persediaan, Likuiditas,
Solvabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sub
Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2015. Sumatera
Barat: STKIP PGRI Sumatera Barat.

Retnaningsih H. 2015. Permasalahan Corporate Social Responsibility dalam Rangka
Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Aspirasi. Vol.6, No.2.

Salina N dan Kartikasari D. 2017. Pengaruh Pengungkapan Program CSR Terhadap
Profitabilitas Perusahaan. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis. Vol.5, No.2:
193-203.

Sari HR. 2014. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Ukuran
Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi
Indonesia Surabaya.

Sriviana E, Asyik NF. 2013. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan
ukuran perusahaan terhadap profitabilitas. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. No 4 Volume
2.

Sugiyono A, Untung E. 2016. Panduan Praktis Dasar Analisa Laporan Keuangan. Jakarta:
Grasindo
Published
2019-02-15
How to Cite
IKHSANI, Ratna Nur; WIJAYA, Indra. Dampak Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas. JURNAL MAHASISWA BINA INSANI, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 123-132, feb. 2019. ISSN 2528-6919. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JMBI/article/view/1073>. Date accessed: 08 sep. 2024.