Prediksi Kebangkrutan Menggunakan Altman Z-Score Studi Kasus pada Perusahaan Rokok yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2012 – 2014

  • Tri Wahyu Kusuma Awan
  • Lucia Ari Diyani

Abstract

Abstrak: Perusahaan – perusahaan membutuhkan prediksi kebangkrutan untuk mengetahui tentang kelangsungan hidup perusahaannya. Altman Z Score Adalah salah satu metode untuk memprediksi kebangkrutan. Penelitian menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan empat perusahaan rokok yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014. Hasil dari penggunaan formula Altman untuk mendapatkan nilai Z. Nilai Z akan menunjukan perusahaan dengan kategori sehat (tidak bangkrut), grey area atau bangkrut (kesulitan keuangan). Hasil dari penelitian ini menunjukkan hanya satu perusahaan yang terindikasi bangkrut atau tidak sehat. Satu periode perusahaan ada pada kategori grey are dan dua periode terindikasi pada kategori bangkrut.

Kata Kunci: altman Z-score, kebangkrutan, kesulitan keuangan, laporan keuangan, prediksi

Abstract: The companies need predict bankruptcy to know about their companies life. Altman Z-Score is one of the methods to predict the bankruptcy. The research use secondary data obtained from financial statement four cigarette companies which are listed in Indonesia Stock Exchange in period 2012-2014. The result from use the Altman formulas to get the value of Z. Value Z will show the companies which healthy category (not bankruptcy), grey area or bankruptcy (financial distress). Result of this study shows that only one cigarette companies indicate bankruptcy or not health. One period indicate that the companies in grey area category and Two periods indicate the companies in bankruptcy category.

Keywords: altman Z-Score, bankruptcy, financial distress, financial statement, predict

References

Altman EI. 2000. “Predicting Financial Distress of Companies : Revisiting the Z Score and ZETA Models”.
Avianti I. 2000. “Model Prediksi Kepailitan Emiten di Bursa Efek Jakarta dengan Menggunakan Indikator-Indikator Keuangan”. Disertasi. Bandung : Universitas Padjajaran.
Bursa Efek Indonesia: Laporan Keuangan, diakses dari http://www.idx.co.id/.
Nugroho D, Iqbal M. 2012. “Analisis Prediksi Financial Distress dengan Menggunakan Model Altman Z-Score Modifikasi 1995”. Skripsi. Semarang : Universitas Diponegoro.
Endri. 2009. “Prediksi Kebangkrutan Bank Untuk Menghadapi dan Mengelola Perubahan Lingkungan Bisnis: Analisis Model Altman’s Z-Score”. Perbanas Quarterly Review, 2(1): Maret 2009.
Hanafi et al. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta : UPP AMP YKPN.
Harahap, SS. 2009. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
IAI. 2015. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta : Salemba Empat.
Kashmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Kieso DE., Weydgant JJ, Warfield TD.. 2011. Intermediate Accounting IFRS Edition. Volume Pertama. United States of America : Wilay.
Marcelinda SO et al. 2014. “Analisis Akurasi Prediksi Kebangkrutan Model Altman Z-Score pada Perusahaan Manufaktur yang Terdapat di Bursa Efek Indonesia”. E-Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 2014, 1(1), 1-3.
Methili P et al. 2014. “Analisis Komparasi Potensi Kebangkrutan dengan Metode Z - Score Altman, Springate, Dan Zmijewski pada Industri Kosmetik Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”. Bali: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 7.1 2014.
Munawir, S. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta : Liberty.
Mustafa K, Ibrah St. 2012. “Analisis Prediksi Kebangkrutan pada Perusahaan Perbankan Go Public di Bursa Efek Indonesia”. Skripsi. Makassar : Universitas Hasanuddin
Prihadi T. 2013, Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PPM Manajemen.
Ramadhani AS, Lukviarman N. 2009. “Perbandingan Analisis Prediksi Menggunakan Model Altman Pertama, Altman Revisi, dan Altman Modifikasi dengan Ukuran dan Umur Perusahaan sebagai Penjelas (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)”. Jurnal Siasat Bisnis 13 (1):15-28.
Published
2016-12-01
How to Cite
KUSUMA AWAN, Tri Wahyu; DIYANI, Lucia Ari. Prediksi Kebangkrutan Menggunakan Altman Z-Score Studi Kasus pada Perusahaan Rokok yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2012 – 2014. JURNAL ONLINE INSAN AKUNTAN, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 221-238, dec. 2016. ISSN 2528-0163. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JOIA/article/view/193>. Date accessed: 08 sep. 2024.