Evaluasi Faktor – Faktor Desain Win-Win Transportation Solution Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Busway

  • Nurvi Oktiani Komputerisasi Akuntansi; AMIK BSI Jakarta
  • Titik Misriati Manajemen Informatika; AMIK BSI Jakarta

Abstract

Abstrak: Jakarta sebagai kota metropolitan ditempati oleh penduduk dengan mobilitas tinggi, sehingga membutuhkan transportasi publik yang nyaman, aman, dan cepat. Transjakarta adalah salah satu jenis transportasi publik yang banyak digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Sejak mulai dioperasikan, transjakarta memiliki banyak peminat. PT Transportasi Jakarta atau yang dikenal dengan Transjakarta adalah lembaga pengelola Bus Rapid Transit (BRT) atau lebih dikenal dengan Busway. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi faktor-faktor desain win-win solution yang merupakan strategi suatu reformasi kebijakan berdasarkan pandangan pasar atau disini merupakan para penguna jasa transportasi yang mana tujuannnya adalah meningkatkan efesiensi dengan mengurangi beberapa penyimpangan- penyimpangan pada sejumlah pilihan konsumen dan menstimulasi mobilitas sarana transportasi. Bentuk penelitian kausalitatif dan bersifat kuantitatif, sampel penelitian ini adalah para penguna jasa Transportasi publik Transjakarta khususnya penguna Transjakarta atau busway, adapun analisis tingkat kepuasan yang diinginkan, dimana dengan mengunakan Pendekatan “IPA†Importance-Performance Analysis (IPA), dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa bahwa dari 20 (dua puluh indikator) dapat direduksi menjadi 4 (empat) faktor diantaranya di bagi menjadi kuadran 1 (Concentrate These), Kuadran 2: (Keep Up The Good Work), Kuadran 3 (Low Priority), Kuadran 4 : (Possible Overkill)yang didapatkan dari nilai rotasi faktor.
 
Kata kunci: kepuasan, win-win transportation solution.
 
Abstract: Jakarta is one of metropolitan that is occupied by the people with have high mobility, thus requiring public transportation convenient, safe, and fast. Transjakarta is one type of public transport which is widely used for everyday activities. Since it has been starting operation by Transjakarta there has been  many passengers. PT Transportation Jakarta which known as Transjakarta is an institution which taking over responsibility for Bus Rapid Transit (BRT) or better known as the Busway.Research have purpose for knowing  the evalution of win-win transportation solution factors which one of strategies that have been designed for reforming all of policy based on market segmentation, or user transportation, it has purpose for developing efficiency with reduct some of deviation from customer or user transportation choices and how to stimulate the mobility of transportation. The research use Causalitative and Quantitative methode, and the sampling of this research are user public transportation especially or the user of busway as a transportation, meanwhile for the analysis of Customer satisfaction which is expectated by customer, for this research use the Importance –Performance Analysis(IPA)approach.This reselt of research can be described that from amount of win-win solution transportation can be reduct until four factors consist of concrate These, Keep Up The Good Work, Low Priority, Possible Overkill which have been got by Rotation Factor Value.
 
Keywords: Satisfaction, win-win transportation Solution.

Author Biographies

Nurvi Oktiani, Komputerisasi Akuntansi; AMIK BSI Jakarta
Komputerisasi Akuntansi; AMIK BSI Jakarta
Titik Misriati, Manajemen Informatika; AMIK BSI Jakarta
Abstrak: Jakarta sebagai kota metropolitan ditempati oleh penduduk dengan mobilitas tinggi, sehingga membutuhkan transportasi publik yang nyaman, aman, dan cepat. Transjakarta adalah salah satu jenis transportasi publik yang banyak digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Sejak mulai dioperasikan, transjakarta memiliki banyak peminat. PT Transportasi Jakarta atau yang dikenal dengan Transjakarta adalah lembaga pengelola Bus Rapid Transit (BRT) atau lebih dikenal dengan Busway. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi faktor-faktor desain win-win solution yang merupakan strategi suatu reformasi kebijakan berdasarkan pandangan pasar atau disini merupakan para penguna jasa transportasi yang mana tujuannnya adalah meningkatkan efesiensi dengan mengurangi beberapa penyimpangan- penyimpangan pada sejumlah pilihan konsumen dan menstimulasi mobilitas sarana transportasi. Bentuk penelitian kausalitatif dan bersifat kuantitatif, sampel penelitian ini adalah para penguna jasa Transportasi publik Transjakarta khususnya penguna Transjakarta atau busway, adapun analisis tingkat kepuasan yang diinginkan, dimana dengan mengunakan Pendekatan “IPA†Importance-Performance Analysis (IPA), dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa bahwa dari 20 (dua puluh indikator) dapat direduksi menjadi 4 (empat) faktor diantaranya di bagi menjadi kuadran 1 (Concentrate These), Kuadran 2: (Keep Up The Good Work), Kuadran 3 (Low Priority), Kuadran 4 : (Possible Overkill)yang didapatkan dari nilai rotasi faktor.   Kata kunci: kepuasan, win-win transportation solution.   Abstract: Jakarta is one of metropolitan that is occupied by the people with have high mobility, thus requiring public transportation convenient, safe, and fast. Transjakarta is one type of public transport which is widely used for everyday activities. Since it has been starting operation by Transjakarta there has been  many passengers. PT Transportation Jakarta which known as Transjakarta is an institution which taking over responsibility for Bus Rapid Transit (BRT) or better known as the Busway.Research have purpose for knowing  the evalution of win-win transportation solution factors which one of strategies that have been designed for reforming all of policy based on market segmentation, or user transportation, it has purpose for developing efficiency with reduct some of deviation from customer or user transportation choices and how to stimulate the mobility of transportation. The research use Causalitative and Quantitative methode, and the sampling of this research are user public transportation especially or the user of busway as a transportation, meanwhile for the analysis of Customer satisfaction which is expectated by customer, for this research use the Importance –Performance Analysis(IPA)approach.This reselt of research can be described that from amount of win-win solution transportation can be reduct until four factors consist of concrate These, Keep Up The Good Work, Low Priority, Possible Overkill which have been got by Rotation Factor Value.   Keywords: Satisfaction, win-win transportation Solution.
Published
2017-06-01
How to Cite
OKTIANI, Nurvi; MISRIATI, Titik. Evaluasi Faktor – Faktor Desain Win-Win Transportation Solution Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Busway. JURNAL ADMINISTRASI KANTOR, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 27 – 40, june 2017. ISSN 2527-9769. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAK/article/view/419>. Date accessed: 08 sep. 2024.